Banyuwang(a)i

IMG_9443

“Le!”

“Paran… mas”

“Hiro balik Banyuwangi sing?”

“Isun balik mas, tgl 31”

Kira-kira begitulah percakapan antara Alvin dan saya kalau diterjemahkan dalam bahasa Osing.  Ahak! #sokOsing padahal gak ngerti sama sekali.

Alhasil, liburan akhir tahun ini saya wira-wiri ke Banyuwangi. Negeri leluhur para alay. Menurut Alvin, para alayers sejagat nusantara ini mencontoh cara berkomunikasi suku Osing yang diam di semenanjung timur pulau Jawa ini. Mau bukti? Coba tengok judul tulisan saya di atas. Kenapa musti Banyuwang(a)i dan bukan Banyuwangi? Masyarakat Osing memang suka menambahkan huruf “a” atau “y” pada kebanyakan kata yang dipakai sehari-hari. Misalnya:

Siji (jawa) = sijai (osing) = satu (ind)

Pitu (jawa) = pitau (osing) = tujuh (ind)

Kabeh (jawa) = kabyeh (osing) = semua (ind)

Uman (jawa) = umyan (osing) = kebagian (ind)

Lunyu (jawa) = lunyau (osing) = licin (ind)

Ali (jawa) = alai (osing) = alay (ind) …. hahahaha…. kalo yg ini hipotesa saya sih.

Saya berempat pergi ke Banyuwangi naik mobil. Bicara tentang perjalanan pakai mobil, ini perjalanan lintas kota terjauh pertama saya. Jangan bayangkan khawatirnya orang tua kami. Dikit-dikit telpon. Sewaktu di daerah Paiton, salah satu orang tua kami menelpon.

Mama : Udah sampai mana?

Kami : Paiton

30 menit kemudian telpon lagi.

Mama : Udah sampai mana?

Kami : Paiton

30 menit kemudian telpon lagi.

Mama : Udah sampai mana?

Kami : Paiton

Mama : Kok dari tadi di Paiton terus gak bergerak? Macet?

Kami : Enggak, lancar. Emang udah dari sejam tadi berhenti di rest area, ngaso.

Mama : Setan! – lalu telpon ditutup. Ya iyalah jawabannya Paiton terus, lha memang kita lagi ngaso ditelponin.

By the way, beruntunglah masih punya orangtua, walaupun tiap kali bepergian kita selalu ditelpon kayak jadwal minum obat,  3 kali sehari.

 

Nyampe rumah Alvin, saya ikut gabung dengan teman-temannya untuk tahun baruan. Sementara Dian dan Erning udah tepar kecapekan dan tinggal di rumah. Maklum, jompo.

Saya rada kecewa sebenarnya saat bertemu dengan teman-teman Alvin. Dalam pikiran saya, saya akan mendengar bahasa-bahasa baru dan dialek Osing yang kental saat mereka berkumpul. Tapi nyatanya, mereka tidak berkomunikasi dalam bahasa Osing. Tetapi mereka bicara pakai bahasa Kroasia dengan dialek Jepang. Mampus.

Ternyata usia nggak bisa nipu lho. Ini fakta. Alvin masih betah melek sampe subuh, maklum teenager. Sedangkan saya tidur meluk bantal… maklum masih balita. (BAwaan LImapuluh TAhun, padalah masih duapuluhan berapaaaaa gitu… #yg protes saya doakan ulantahunnya dicepetin.

Pagi-pagi buta kami sudah meluncur menuju Pantai Pulau Merah. Harapannya sih bisa melihat sunrise, sama seperti harapan saya sarapan Ayam Betutu. Tapi harapan tinggal harapan. Pantai Pulau Merah udah ibarat kayak dawet ayu Jepara, bedanya kita nggak nemuin yang ayu-ayu kayak dawet tapi banyak nemuin muka-muka yg kayak abang penjual dawet. Ngehek kan?

Dan ini yang paling parah : Pantai Pulau Merah itu ternyata tempat untuk melihat matahari terbenam, bukan matahari terbit. Jadi, sia-sialah kita ngebut pagi-pagi kayak banci dikejar satpol hanya untuk melihat sunrise di tempat sunset. Kopok, kalo orang Osing bilang.

Sore harinya, kebodohan pagi tadi kami tebus dengan bepergian ke dataran tinggi Ijen, di daerah Licin, Kalibendo. Kali ini tempatnya bener. Jiwa Jawa, sebuah resort terpencil untuk melihat sunset. Jingga senja di sini amazing!

To be continued…..

28 Comments Add yours

  1. Gara says:

    Seru tuh wara-wiri ke Banyuwangi… pantai-pantainya kan juara banget itu indahnya, bahkan terkenal sampai ke mancanegara karena ombaknya dan semua keunikannya itu. Termasuk pemandangan mataharinya juga, kalau boleh saya tambahkan, keren banget itu di fotonya! Ha, semoga saya bisa ke sana suatu hari nanti ya Mas :amin. Mupeng banget ini bacanya!

  2. Amiiiin… bener banget. banyak pantai yang keren. Mulai dari Bangsreng di sisi timur banyuwangi sampai pantai sukamade di sisi selatannya. Seoga kamu bisa jalan2 kesana suatu saat. Amin

  3. Avant Garde says:

    apa kabar mas jo..? lama gak jumpa …
    banyuwangi dalam foto keren banget yah
    btw, bahasanya kok mirip dialek di jambi yah, banyak pake diftong..
    aku jadi akau, lalu jadi lalau

  4. Halo, alhamdulilah saya baik. Iya lama tak jumpa ya.. blog saya sampe penuh sarang laba2. Masa sih dialek Jambi mirip sama Banyuwangi? Harus ke Jambi nih kayaknya. 🙂

  5. winnymarlina says:

    kok aku kesana kagak sebagus u sih jo

  6. Masak sih Win? Bagus lho padahal…

  7. winnymarlina says:

    habisnya jauh hahah

  8. Avant Garde says:

    bahasa daerah jambi yg berbatasan sama sumbar dan bengkulu agak lain daripada bahasa kota jambi yg mirip palembang 🙂

  9. pengen denger 🙂

  10. Avant Garde says:

    monggo mas, silakan mampir 🙂

  11. aulia says:

    Itu singlet andalan nampaknya… 😝

  12. Sash says:

    Halo halo halo, apa kabar? Hihihi, iki nyebahi, artikele nanggung, aku le ngguyu dadi nanggung hihi. Padahal wis bersiap membaca petualangan yang mendebarkan je #halah 🙂

    Betewe selamat tahun baru ya mas! Sehat terus, dolan terus!

  13. aku punya selusin 🙂

  14. rung mari iki Sash, alhamdulilah kamu juga sehat, ngetrip terus, duite akeh nggo ngetrip… amiiiin
    wkwkwkwk

  15. Pino says:

    halo kabar saya gimana ??

  16. Kabarmu sepertinya kabur

  17. Linda Leenk says:

    aku belom pernah ke banyuwangi 😀

  18. pergi dong kakak…

  19. rommel says:

    Nice to see your awesome pictures again!

  20. Citra Rahman says:

    Foto-foto pantainya cakep-cakeep.. ditunggu tulisan Ijen-nya yah, Bang Jo.

  21. Ardyan Satya says:

    Nemu genjer ga mas Jo.. Disayur sambil dengerin lagu Genjer-Genjer nya orang Banyuwangai ngeri-ngeri sedap tuh. 😀

  22. Aku gak nemu genjer, Yan. Nemu nasi tempong dan makannya pun dengan backsound Suliyana dan Demy. 🙂

  23. Ada kemiripan bahasa jawa ama osing ini yaaa

  24. mirip. ada beberapa kata yang sama malah.

  25. dg situru' says:

    ha..ha…. menarik

  26. makasih sudah baca, teman.

Leave a comment