Bara Bara Bira Bira

Saat saya melakukan perjalanan ke Tanjung Bira dan sekitarnya, kebetulan lagu Bara Bere by Michel Telo lagi ngehits… Jadilah lagu ini backsound perjalanan kami.

Ah… rasanya sudah seabad saya nggak traveling… bukan karena sibuk sih, tapi lebih karena lagi miskin 🙂 Traveling terakhir saya bulan Januari 2014 kemaren ke Munduk, Bali. Ini pun saya traveling solo, bukan dengan gank gila saya, Tj, Didik, Vine, Agustin, Riri dan ketambahan seekor dugong, si Kristin. Dori kali ini absen dengan alasan lawas : miskin juga.

photo 1-20

Orang Bego di Terminal 2

Biasanya kalo naik pesawat promo berangkatnya pagi-pagi buta, tapi untung kemaren itu Air Asia berangkat agak siangan, jadi barang-barang bawaan saya nggak ada yang tertinggal. Tapi meskipun begitu.. adaaaaa aja kejadian yang bikin keki… Pertama, sopir bus damri yang nodong ongkos “borongan” karena saya satu-satunya penumpang yang ada di bus itu. Ya lu kira bus ini punya nenek buyut lu? bisa lu omprengin macam ojek seenak hati? Dasarnya gw pelit dan jahat, gw bilang ke sopirnya, “Pak, kalo saya nggak ada… bus ini juga tetep jalan kan? saya lihat jadwalnya lho disitu tadi”… Dan sopir itu pun diam saja waktu saya kasih ongkos normal Rp. 20.000. Kedua,  ini adalah kali pertama saya berangkat dari terminal 2 bandara Juanda, saya kebingungan kayak korang bego nyari tempat check in. Lain sekali dengan terminal 1, kalo di terminal 1 begitu tiba di lobby keberangkatan, barang-barang udah pada heboh masuk scanner, nah…  di terminal 2 ini turun di loby langsung nyelonong aja tanpa pemeriksaan.. gw antara takut salah dan sok-sokan mulai celingak celinguk nyari sign check in.. di belakang gw ternyata ada si Riri yang sama bingungnya dengan gw… Hahahaha akhirnya kita berdua ikut orang2 bergerombol yang entah ngantri apa… dan ternyata… tempat check in ada di lantai 2 sodara… Sampai di lantai 2 udah pada nunggu teman-teman, dan mereka juga punya cerita yang sama. Malah ada juga yang parah, si Suketi malah check in di terminal 1.

Nenek Moyangku Orang Pelaut, Welcome to Celebes

Apa kareba? Sampailah kami di Makassar. Sebenarnya dalam penerbangan kali ini saya agak takut… perkaranya baru-baru ini saya barusan nonton film berjudul Non-Stop yang berkisah tentang pembajakan pesawat udara dan diperparah lagi dengan hilangnya  pesawat Malaysia Airlines MH370 yang baru saja terjadi. Menjelang lepas landas, saya deg-degan setengah mati… tapi setelah beberapa lamanya mengudara… saya tertidur… dasar tukang molor!

Sesampai di bandara Sultan Hasanudin, setelah makan coto kami langsung tancap gas menuju Tanjung Bira. Sepanjang perjalanan kami diiming-imingi pemandangan kuliner seperti ikan bakar, duku, srikaya, kue putu… duren.. dan sewaktu kami merengek minta berhenti.. kepala suku hanya bilang : pulangnya saja. 😦

Tanjung Bira sih biasa, seperti pantai Kuta di Bali. Rupanya pantai Bira ini seperti tujuan wisata yang populer di Sulawesi Selatan, sudah terlalu banyak orang dan bangunan yang lumayan mengganggu. Yang ditonjolkan disini cuman wisata air seperti banana boat, dan sebagainya selain itu juga rumah makan “The Perahu” yang bentuknya menyerupai perahu phinisi.

photo 4-14

photo 3-14

Seperti kebiasaan gank, kami mulai melipir mejauhi keramaian dengan menyewa perahu untuk pergi ke pulau-pulau sekitar Tanjung Bira.  
Here we go, let’s get the party started!


photo 3-13

 

Tujuan pertama adalah snorkeling di Pulau Kambing. Sebenarnya pulau ini punya nama sendiri, tapi lebih populer dengan sebutan Pulau Kambing. Pulau ini bibir pantainya berupa karang terjal dan arusnya lumayan kencang. Ada 3 spot yang menarik, yang konon bisa melihat hiu di sisi bagian selatan, hiu paus di sisi utara, dan ikan mola di sisi Barat. Kalau kami sih snorkeling unyu aja nggak tau sisi yang mana.. dudududu….

photo 5-10

photo 2-19

photo 2-18

photo 1-21

 

Terumbu karang di bawah laut pulau kambing terbilang cukup bagus, kami melihat 2 ekor penyu di perbatasan tubir laut. Beberapa ikan buntal, ikan kakatua, dan anemon banyak kami jumpai, tapi satu yang tidak kami jumpai adalah bintang laut. Lama sekali kami berenang-renang di perairan pulau kambing. Sebenarnya saya ingin masuk ke gua yang ada di tebing-tebing bibir pantai pulau kaming… tapi mengingat bahaya arus yang kuat (ditengarai ada air terjun bawah laut yang sering memakan korban-tapi entah dimana letak pastinya saya tidak tahu) akhirnya saya melipir… safety nomer satu!

Setelah puas menikmati pemandangan bawah laut Pulau Kambing, kami menuju perairan pulau Liukang. Di bandingkan dengan Pulau Kambing, Pulau Liukang masih kalah bagus. Karang yang ada disini sudah rusak, tapi airnya yang jernih dan pasir-pasir calon gosong terlihat indah dari permukaan laut.

Akhirnya kami menepi ke Pantai di sisi lain Tanjung Bira, masih sederet dengan Pantai Bira, namun agak jauh. Pantai di sini sangat laindai dengan pasir putih yang sangat halus. Lain dengan Pantai Bira, pantai tak bernama ini sangat sepi pengunjung. Hanya rombongan saya dan beberapa turis internasional yang sibuk berendam.

Perjalanan hari itu kami akhiri dengan makan siang dengan menu ikan bakar dan kelapa muda!

 

photo 4-13

photo 4-15

photo 2-20

photo 3-15

photo 1-23

43 Comments Add yours

  1. TITTTTTT!!!!!! CAWAT DETECTED!!!!!!!

  2. johanesjonaz says:

    hm… senengane…

  3. rosaamalia says:

    Gak ke Pantai Bara ya? Itu jugak cakep

  4. Mirna says:

    Masih ada aja oknum yang malak. Padahal supir damri itu PNS bukan, ya? Yang gaji kan negara, bukan berdasarkan berapa banyak ongkos angkutan yang dikumpulkan 😐
    Btw, untung sebelum berangkat gak nonton Jaws dulu, yah. Jadi, gak takut snorkelingan. Hehehe…

  5. kazwini13 says:

    Heitzzzzzz banget kakaaaaaa…
    Aku merana ga bisa travelling jauh2 😦

  6. Halim Santoso says:

    Nyambi jadi model speedo ya Jo? *salah fokus* hehehe

  7. johanesjonaz says:

    Ngeliat dari jauh dan menyisir dengan kapal aja.. Udah sore soalnya..

    Setuju, bara cakep dan rada sepi

  8. johanesjonaz says:

    Iya.. Masih ada org yg kayak gitu.. Bikin mood traveler jelek 😦 udah gitu sistem transportnya juga model monopoli gitu kalo di bandara..

    Hahahah untungnya ga ada berita orang dimakan hiu 🙂

  9. johanesjonaz says:

    Kenape? Long weekend ini gw mau ke Bromo (lagi) mau ikut?

  10. johanesjonaz says:

    Nantikan keluaran terbaru model ini di sport station terdekat 🙂

  11. kazwini13 says:

    Suka diomelin nyokap hahahahaa
    Lagi ada kerjaan yg gbs ditinggalin bahkan saat weekend juga 😦
    Ah bromooo mauuuuu 😦

  12. Astagaaaaaa! CD HITAM ohhhhh noooooo:))

  13. tirsnine says:

    Biasanya sekali pergi biayanya brp jo?
    Gua mau mulai coba2 travelling nih 😀

  14. johanesjonaz says:

    Ah.. Bikin excuse aja keleus.. Traveling is your vein 🙂

  15. johanesjonaz says:

    Tergantung kemana dulu.. Kalo deket biasanya 500rb kalo jauh 2-3 jutaan lah. Tergantung banyak orangnya juga sih

  16. tirsnine says:

    Oh oke. Thx jon

  17. yusmei says:

    Ngakak baca yang masuk terminal 2, check in di terminal 1 hahaha. Celana tuh jo…celana hahaha

  18. johanesjonaz says:

    Ada apa dengan celana Yus? #polos

  19. nang bali maneh mas, tak jamu..kerjo nang bali saiki aku haha

  20. johanesjonaz says:

    Mbois rek.. Kerjo nang mbali.. Iyo kapan2 tak mampir 🙂

  21. Dewi says:

    seabad kaka…..???? hahahahaha baru tiga taun ituh,,,, 😆
    sini harus pek cari hari cuti mah kalok mau seenak jidat gue traveling jauuhhh,,, hiks… sini suka traveling,,, suami sukanya tiduur,,, hahahaha nyambung sebelah mana nya,, 😛

  22. johanesjonaz says:

    hahhahaha… harus dicari weton yg pas itu #halah

  23. Okti D. says:

    Beeeh, tanjung bira… saya ke pulau bira dulu deh, yang lebih dekat 😀

  24. chris13jkt says:

    Jadi kenapa pulau itu dinamain Pulau Kambing, Jo? *penasaran*

  25. johanesjonaz says:

    mungkin karena bentuknya mirip kambing #sotoy hehehhehe

  26. <- selalu suka ke pantai walaupun ngga bisa berenang.

  27. johanesjonaz says:

    Aku selalu suka berenang walaupun ga bisa mantai 🙂

  28. rommel says:

    How enviable! The water is so so so inviting. How I wish to be in the tropics right now. Fun happy group too! That gouku jump shot is awesome! 😀

  29. mejakorsi says:

    keren broh!

  30. Sadam says:

    broh broh.. harusnya feb kmrn aku wes mrene, tapi gatot gara2 promo sialan *curcol.. haha.. nice posting

  31. johanesjonaz says:

    Promo AA tah Dam?

  32. Sadam says:

    bukan.. maskapai yang februari kmrn bangkrut itu.. 150ribu gak refund.. haha.. untung jek sakmunu..

  33. johanesjonaz says:

    oalah.. emprit er… hihihihihi

  34. andriyanto says:

    kirain ini teh pulau bira di pulau seribu. hehe
    kebetulan mau ke makasar, tapi cuma berdua. sewa boatnya keliling gitu kena berapa bro?

  35. johanesjonaz says:

    kemaren sih dapat 450 seharian… tapi kalo berdua aja mungkin bisa nawarlah.. kan cuman sebentar 🙂

  36. Omaga omaga … akhirnya kak jo bercawat ria, ayo teruskan tampil lebih sekseh hahahaha #SalahFokus

  37. johanesjonaz says:

    hahahahahah… keplak!

  38. Messa says:

    sopir damrinya jahat betul pake minta harga borongan. duilehh

  39. johanesjonaz says:

    iye.. bedebah dia memang

Leave a Reply

