Perjalanan Kontemplasi Hari Keempat – Identitas Personal Warga Munduk

Jumat, 17 Januari 2014 bisa dibilang jadi hari bersejarah buat saya. Saya mendapat “identitas pribadi” sebagai warga Munduk.

Sewaktu saya bekerja di sawah, saya bertemu dengan pemuda setempat bernama Bli Betet. Entah siapa nama aslinya, namun julukannya adalah Betet. Penggunaan julukan di Munduk sudah jamak, mungkin untuk menghindari salah identifikasi karena saking banyaknya nama yang sama. Di Munduk, nama Nyoman bisa mencapai ratusan… bisa dibayangkan betapa ribetnya.

Sama seperti Lengkong, Betet juga adalah nama julukan. Bli Betet terlihat seperti kebanyakan pemuda di Munduk: bertato. Memang, sejak awal kedatangan saya ke Munduk, saya banyak mendapati pemuda-pemuda bertato. Tato, bagi masyarakat Munduk adalah sebuah identitas. Bagi pemuda yang sudah dewasa tato adalah sebuah kebanggan tersendiri. Tidak hanya lelaki, para perempuan juga bertato. Salah satu teman di Don Biyu, mendapat hadiah ulang tahun berupa tato di tubuhnya. Budaya tato sendiri bukan berasal dari Bali, tapi patern/ pola yang dipakai di Munduk sudah diakulturasi. Kebanyakan adalah yang dipakai di Munduk adalah patern Bali, seperti Rangda, pola ukiran Bali dll. Saya iseng tanya ke Bli Betet tempat biasa para pemuda mentato tubuhnya. Entah kenapa, hasrat untuk mendapatkan torehan tinta abadi di tubuh saya begitu kuat. Dengan senang hati Bli Betet memperkenalkan saya ke Pak Putu Panca, seorang artis tato di desa Munduk.

Sore itu saya datang bersama Mbak Ari dan Erlin, seorang teman pembuat film dokumenter. Setelah sempat ditolak sehari sebelumnya, karena Pak Panca sedang mempersiapkan ukiran untuk peti mati jenasah kerabatnya, kali ini Pak Panca menerima kedatangan kami dengan hangat. Kami dijamu di lantai tiga rumahnya. Meskipun saya sangat takut, tapi tekad saya sudah bulat… saya akan membuat tato di tubuh saya.

photo 1-16

Pak Panca tahu saya sangat gugup, dia tidak segera memulai pekerjaannya. Saya malah diajak ngobrol ngalur ngidul. Bagaimana dia bisa jadi artist tato, tentang pelanggannya yang cerewet, tentang rejeki tak terduga, dan tidak lupa tentang musibah arak yang baru saja terjadi di Munduk. Setelah saya terlihat agak rileks, barulah dia mengajak untuk membuat desain tato.

Pak Panca memang lebih suka mendesain tato bersama-sama dengan pelangannya, menurutnya hasil tato akan lebih bagus dan ada kepuasan tersendiri baik pada pelanggan maupun Pak Panca sendiri. Ide pertama keluar dari saya, saya ingin membuat gambar salib bernuansa Bali yang akan saya letakkan di punggung saya dan bagian Pak Panca adalah mendesainnya.

Dia membuat desain di atas kertas lalu ditunjukkan ditunjukkan pada saya. Sebuah salib dengan ukiran bali. Namun ada yang kurang menurut saya.. terlalu tegas dan kaku… lalu Pak Panca menghapus dan menggambar lagi. Kali ini saya suka. Sebuah salib dengan patre (patern) khas Bali. Patre mas dipakai sebagai ornamen di bagian atas, lalu di bagian persilangan antara bagian vertikal dan horizontal diisi dengan patre sari dan dilanjutkan dengan patre timun sampai ke bagian bawah.

Pak Panca segera mempersiapkan peralatannya. Jarum sepanjang 15 cm yang masih tersegel, tempat tinta yang juga masih tersegel, tinta, antiseptik, tawas, dan alat tato yang bentuknya seperti pistol. Pak Panca menyalin desain akhir menggunakan kertas karbon, lalu mengolesi bagian tubuh saya yang akan ditato dengan antiseptik dan tawas sebagai perekat. Dan pekerjaan pun dimulai…

mg_1635-2

Saya kembali tegang, suara mesin tato sangat mengintimidasi saya. Saya kembali panas dingin. Pak Panca rupanya tahu, dan menenangkan saya. Saya disuruh merokok sebentar sambil ngobrol. Dia berkelakar tentang tradisi tato di Munduk, dia bilang tato di Munduk itu sebagai persyaratan mendapat KTP. Seorang pemuda tidak akan memperoleh KTP Munduk jika belum bertato.

Proses pentatoan pun segera dimulai. Pak Panca mengenakan sarung tangan karet dan mulai bekerja. Sakit yang saya bayangkan ternyata tidak terbukti. Rasa nyeri dan perih itu tidak ada, rasanya mirip seperti dikerokin pake uang benggol… itu yang saya rasakan. Saya semakin rileks dan menikmati proses ini… Seperti yang Pak Panca bilang, masa kritis pentatoan adalah lima menit pertama. Jika si petato mengeluarkan keringat dingin, pentato pun menghentikan pekerjaannya… dan saya deg-degan menunggu lima menit pertama.

Empat puluh lima menit berlalu, masa kritis saya sudah lewat, dan saya kuat menyelesaikan proses penorehan tinta di tubuh saya. Udara dingin Munduk mulai merayapi sore itu. Saya mohon diri pada Pak Panca untuk kembali ke Don Biyu. Sebelum pulang, Pak Panca berpesan agar berhati-hati… dia bilang tingkat kecanduan tato lebih tinggi daripada narkoba.

photo 2-16

Ada perasaan bangga bercampur heran sepulang dari rumah Pak Panca.  Sifat saya yang impulsif dan kenekatan yang luar biasa membuahkan hasil; sebuah tanda yang akan saya pakai selama saya hidup, sebuah tanda salib bernuansa Bali menempel di punggung saya.

88 Comments Add yours

  1. asasikirono says:

    manteb, jo! keren!
    punya tatto permanent juga sebenere salah satu cita-cita yang belum kesampean, tapi blom nemu apa yang mau ditattoin euy.. mungkin perlu ketemu Pak Panca dulu, kali, ya? 🙂

  2. danirachmat says:

    Keren Jo tattonya. Kalo bisa nato pengen di punggung gitu juga. Btw thx kopinya! Dah nyampe. Hehehe.

  3. Selangkah lagi om jo bakalan jadi WNB!

  4. johanesjonaz says:

    you should try! kenalan gih sama pak panca… ke munduk, main2… hehheheh

  5. johanesjonaz says:

    heheheh sama-sama… piye rasane kopine?

  6. kazwini13 says:

    Ohhh Itu dibikin di munduk toh..

  7. danirachmat says:

    Belom dicoba. Baru nyampe. Nanti dikabari kalo sudah yes. 😀

  8. johanesjonaz says:

    iyes! bali bangeeet

  9. kazwini13 says:

    Baguss kakaaa..
    Awas kecanduan haha

  10. Hahahaha!
    Iya, kan banyak babi panggang di sana. Bakso aja babi.

  11. johanesjonaz says:

    hhahahaha… ini nih di kepala udah ada ide mau develop tuh tattooo #matek

  12. johanesjonaz says:

    wenak puooolll… #sembahbabi

  13. kazwini13 says:

    Hahahahaaaa bikin tatto gambar naga sama elang dong kakaaa

  14. johanesjonaz says:

    Naga sama elang? lu pikir gw pendekar kungfu? hahaha
    kagak lah, gw mau bikiin lagi lambang psices, tapi ikan koi yg sisiknya gede2… keren kayaknya… di lengan kiri 🙂

  15. kazwini13 says:

    Hahahahaaa bukan pendekar kungfu tapi pendekar film indosiar hahaa
    Tetep yaa piscess hahahaa
    Itu ntr bikinnya pas ultah aja deh

  16. johanesjonaz says:

    masih tahun depan bikinnya kayaknya… mau ke Pak Panca lagi 🙂

  17. kazwini13 says:

    Tahun depan pas ultah aja ke munduk nya..

  18. kazwini13 says:

    Lihat nanti.. Tapi harus sampe ultah aku juga disananya

  19. johanesjonaz says:

    hahahahah barengan!!!!

  20. johanesjonaz says:

    sip… tapi lu kudu bikin tatoo juga ;:)

  21. kazwini13 says:

    :))))
    Tapi temporari aja ya hahaha

  22. johanesjonaz says:

    di Kuta dong 🙂 hahahahah

  23. johanesjonaz says:

    tato gambar kelinci? ato hati?

  24. kazwini13 says:

    Gambar hati yg patah itu loh hahahahaaa

  25. johanesjonaz says:

    jiah, trus sekalian ditulis inisial EL… pft..

  26. kazwini13 says:

    Hahahahahaha pppft banget

  27. asasikirono says:

    Btw, “Seorang pemuda tidak akan memperoleh KTP Munduk jika belum bertato.”
    ini kelakarnya beneran apa piye toh? 😀

  28. johanesjonaz says:

    cuman joke seputaran warga munduk aja itu… hehehhe

  29. dhaverst says:

    tato saya pola iga ikan…. kalo pas masuk angin heheheheh

  30. johanesjonaz says:

    telung ndino ilang heheheh

  31. dhaverst says:

    iya temporari hihihihi

  32. buzzerbeezz says:

    bagus mas tatto-nya! 😀

  33. Kesambet opo jon kok tatoan?? hahhaha

  34. johanesjonaz says:

    Iyo Ron… Kesambet Leak be’e

  35. Leak lanang opo leak dadi2an?! Hahaha

  36. johanesjonaz says:

    Leak ono sing gak dadi2an tah Ron? Heheheeh

  37. yusmei says:

    Dulu mau disuntik dokter aja tak tinggal lari. Apalagi bikin tato, bisa lari terbirit-birit hahaha. Tapi hasile keren, top pokoke 🙂

  38. johanesjonaz says:

    Kalo disuntik kan dalem jarumnya Yus, ini cuman digores2 doang kok.. Heheheh

  39. gak iso dibusek iki lho mas hahaha

  40. johanesjonaz says:

    wes eroh… mangkane lek nggawe kudu harus benar2 bagus.. hehheh.

  41. BuPeb says:

    Keren tuh tattonya Jo. BTW yg keringat dingin si pentato atau yg ditato? Koq yg kringet dingin si pentatto?
    eh ditatto serius ga sakit?

  42. BuPeb says:

    btw. tuh body dibentuk jo… *evilGrin…

  43. johanesjonaz says:

    Hehehe bingung ya petato itu yg diTato pentato itu yg nato. Gak sakit kok.. Sumpe kayak dikerokin

  44. BuPeb says:

    Hmmmm… trus kl petatonya yg keringet dingin…. ga jadi ditato donk?

  45. BuPeb says:

    Di bentuk biar ada lekukannya :p

  46. johanesjonaz says:

    Hahahhah ya gak jadi bupeb..

  47. BuPeb says:

    Lah… stgh jalan gitu?

  48. johanesjonaz says:

    Hahahaha maleseeee

  49. johanesjonaz says:

    Iya.. Besok dilnjutkan lagi 🙂

  50. BuPeb says:

    Fitness… biar ….

  51. johanesjonaz says:

    Halah.. Bupeb lak diterus2in 😦

  52. BuPeb says:

    Biar seksi :p

  53. rommel says:

    Oh my god! That is so cool. Very nice tattoo. I specially love your write-up about nicknames, tattoo being a pride, and your story leading you getting a tattoo. Great, awesome read. You are quite the writer!

  54. johanesjonaz says:

    thank you, master Rommel… 😛

  55. ranselhitam says:

    Tatonya cakep euuy. Dari dulu pengen bikin tato di punggung juga. Tapi ngebayangin sakitnya udah keder duluan. Lagipula saya pemudi lemah, masih takut kalo ketahuan dan dimarahin emak :mrgreen:

  56. Goiq says:

    masih belum berani bikin tatto permanen, soalnya aku bosenan… hahahahaha

  57. johanesjonaz says:

    hahahah… masak pendaki gunung takut sakit sama tato huehuheuheu

  58. johanesjonaz says:

    kalo bosen bisa direkonstrksi, jadi gambar lain atau didevelop 😛

  59. Ah … aku pingin banget pasang tatto tapi masih galau ama emak gw nich, kmrn berjenggot + berkumis aja emak gw dah teriak2 😦

  60. johanesjonaz says:

    dibikinnya ditempat tersembunyi aja om.. heheheh misalnya : diketiak.

  61. azzuralhi says:

    musibah arak itu apa jo?

    Btw tatonya bagus.. :mrgreen:

  62. johanesjonaz says:

    Keracunan arak, jadi ada beberapa orang di desa itu meninggal karena keracunan arak pas ada kegiatan desa..

  63. azzuralhi says:

    Owhhh….

    tapi memangnya kenapa kok bisa sampai keracunan jo?
    :mrgreen: lalu menghilang sebelum dikebiri.. wkwk

  64. johanesjonaz says:

    Mungkin yg dipakai arak oplosan. Yg jual ditangkap polisi. Weh rame pokonya

  65. Ryan says:

    wah… mantab tatonya…
    keren abis itu. berapa biayanya bikin tato seperti itu *survey harga*

  66. Aku pernah lihat orang pas ditato sambil menenggak minuman keras. Mungkin buat mengalihkan intimidasi mesin tatonya ya Jo.

  67. johanesjonaz says:

    Disamping penakut, orang yang ditato sambil nenggak minuman keras itu bodoh mbak Ika… tukang tattonya akan menolak kalo orangnya teler.. karena darah akan lebih mudah keluar dari kulit yang luka jika mengandung alkohol.

  68. giewahyudi says:

    Entah sampai sekarang saya belum kepikiran bikin tato, padahal keren kelihatannya.. Cari ide tato permanen yang keren dulu kayaknya, biar yakin.

  69. johanesjonaz says:

    memang keren kok bro, nggak cuman kelatan doang.. tapi memang musti yakin dulu sih.. permanen soalnya 🙂

  70. asmie says:

    Kuereeen…. 🙂

  71. asmie says:

    btw.. happy b’day ya, wish you all the best, klo nikah undangan nya ta enteni yo, secara tonggo dewe, he he he *kaboooor….

  72. johanesjonaz says:

    suwun suwun… hehehehe beres lah kalo undang mengundang 🙂

  73. asasikirono says:

    re-read this post, dan semakin bikin kepengin punya tatto permanent. joooo, help me get one, doooonk, one that looks exactly like yours… #lhah

    eh, btw, baru tau dirimu ultah. meskipun udah telat banget, heppi very belated birthday, yaa.. semoga nggak pernah bosen menginspirasi lewat tulisan dan foto2mu yg menakjubkan.
    ternyata kita sama-sama pisces. Salaman dulu… hahahah.

  74. johanesjonaz says:

    How can I help you? hehehheheh…. Tos juga sesama pisces 🙂

  75. tirsnine says:

    Wew ditatto.. semoga gak nyesel ya jon. Soalnya ada beberapa orang yang nyesel setelah ditatto 😀

  76. Tatonya keren tapi harusnya bentuk salib itu bisa dibuat lebih artistik lagi ga seperti balok polosan gitu, menurutku aja sih 🙂

  77. johanesjonaz says:

    Bagi orang yang gak ngerti seni sih memang kelihatan seperti balok polosan..

  78. johanesjonaz says:

    Nyesel? Enggak kayaknya… Ini malah mau bikin tatoo lagi..

  79. senengutami says:

    mass salam kenal and ngikuuut km yyy

  80. johanesjonaz says:

    salam kenal juga utami…. selamat baca2…

Leave a Reply

