Meru Betiri – The Teaser

Setahun setelah trip ke Karjaw, Oktober 2012 yang lalu tiba-tiba Rizal ngajakin reuni. Tahun lalu 9 orang dari 2 kota dan 1 daerah bertemu.. Saya, Dian, dan Ledy dari kota Surabaya.. Rizal, Hanna, dan Kim dari kota Bogor.. dan Kenchoz, Mas Ton, dan Pak Yut dari daerah Gresik.

Entah kenapa nama Teluk Hijau muncul, si Rizal ngajakin kesitu. Saya mulai cari-cari info tentang teluk hijau, dan rupanya semesta ikut bekerja. Saya berkenalan dengan Aaron, Abi, dan Andre dari CouchSurfing Jember yang barengan jalan ke Pulau Menjangan dan dari situ saya cari-cari info tentang Teluk Hijau.

Dari teman2 CS Jember, mereka nyaranin ke Teluk HIjau, Kawah Ijen dan Baluran dalam sekali trip. Setelah mencoba membuat itinerary, saya lalu mengkordinasikan dengan teman-teman, ya gitu deh.. ada yang keberatan kesini kesitunya… susahnya jadi ketua regu mulai terasa.

Saya memang disorientasi kanan kiri (pengakuan dosa), tapi saya jago baca peta. Saya lihat lokasi Teluk Hijau itu ada di wilayah Taman Nasional Meru Betiri, yg notabene lebih dekat dari kota Banyuwangi dibandingkan Jember. Untung saya belum booking kereta, jadi akhirnya saya rubah rute dan itinerary menjadi “Camping Unyu” di TN Meru Betiri.

Saya dan teman-teman mulai lagi menyusun rencana. Di sebuah cafe di Gresik rapat perdana dimulai dan menghasilkan beberapa keputusan.

Peserta :

  1. Pak Yut, sie tenda dan akomodasi
  2. Aziz, sie tenda dan akomodasi
  3. Kenchoz, sie transportasi
  4. Mas Ton, ketua 2
  5. Dian, sie konsumsi
  6. Jo, ketua 1
  7. Ledy, sie konsumsi
  8. Rizal, sie konsumsi
  9. Nadya, bendahara

Perkiraan Biaya :

Pengeluaran pribadi

  1. Tiket Kereta Surabaya Jember Mutiara Timur Business Rp. 80.000
  2. Bus Banyuwangi – Surabaya Rp. 80.000

Pengeluaran Team :

  • Akomodasi : Sewa tenda @ 50.000/tenda x 3 tenda x 3 hari = Rp. 450.000
  • Gas untuk masak @ 15.000 x 6 kaleng = Rp. 90.000
  • Parafin untuk api unggun/ tambahan tungku masak Rp. 10.000
  • Konsumsi :
  • – Air minum Cleo 6 liter @ Rp. 11.000 x 9 orang = Rp. 99.000 (sengaja beli 9 agar masing-masing bisa bawa 6 liter untuk minum kelompok dan memasak)
  • – Sarapan pagi tgl. 18 di Jember : 9 orang x Rp. 15.000 = Rp. 135.000
  • – Makan siang tgl. 18 nasi bungkus : 9 orang x Rp. 15.000 = Rp. 135.000
  • – Masak sendiri (makan malam tgl 18, 3 kali makan tgl 19 Okt, makan pagi tgl. 20 Okt) 5 kali masak x Rp. 10.000 x 9 orang = Rp. 450.000
  • – Makan siang sebelum pulang ke Surabaya Rp. 15.000 x 9 orang = Rp. 135.000
  • – Gula, kopi, susu, sabun cuci piring dll Rp. 100.000
  • Transportasi elf Rp. 1.200.000
  • Parkir dll. Rp. 100.000
  • Pengeluaran tak terduga : Rp 300.000

Total 3.204.000 : 9 orang = 356.000/ orang

Keperluan pribadi :

  1. Alat mandi
  2. matras/ sleeping bag kalau tidak punya bisa bawa bedcover
  3. obat2an pribadi
  4. Pengeluaran pribadi : rokok, snack, dll
  5. Sendok makan, gelas
  6. Senter
  7. Sunblock
  8. Tas Kresek
  9. Korek Api – Wajib
  10. Buku untuk dibaca
  11. Kain pantai
  12. Yg Punya emergency lamp harap dibawa untuk penerangan

Kegiatan :

Hari I :

Berangkat dari Surabaya pukul 22.00 harap 1 jam sebelumnya sampai di stasiun Gubeng untuk tukar tiket.

Sampai di Banyuwangi pukul 05.00, sholat dan istirahat sejenak. Kita dijemput mobil sewaan menuju teluk hijau jam 06.00. Meeting Point dengan team Bali adalah di Stasiun Banyuwangi (yg dekat pelabuhan penyeberangan) pada jam yang sama 06.00.

Dalam perjalanan kita belanja keperluan logistik yang belum sempat dibeli di Surabaya. Sarapan di warung lokal dan beli nasi bungkus untuk makan siang, lalu melanjutkan perjalanan ke teluk Hijau.

Pukul 13.00 sampai di teluk hijau. Sholat, mendirikan tenda dan makan siang. Cari kayu bakar untuk api unggun lalu acara bebas: bisa mandi di laut, memancing, treking, dll.

Pukul 17.00 memasak untuk makan malam.

Hari II :

05.00 hunting sunrise, treking sekitar pantai, bawa kamera.

06.00 masak untuk sarapan pagi, dan persiapan bongkar tenda.

09.00 treking menuju Pantai Sukamade lewat jalan setapak. Mobil masih dinegokan sama driver apa bisa lewat jalur ini menuju sukamade. Informasi yang terakhir bahwa jalannya rusak dan hanya bisa dilalui oleh mobil 4WD/ jeep. Tapi menurutku kita jalan kaki lebih oke, sambil menikmati hutan dan pantai.

11.00 sampai di Sukamade, ijin sewa camping ground dan mendirikan tenda. Lalu masak untuk makan siang.

12.00 sarapan dan acara bebas, treking menyusuri pantai sukamade, mandi di pantai dll

16.00 masak untuk makan malam

23.00 lihat penyu bertelur (kalau beruntung) saya dan maston akan cari info, apakah ada pengamatan penyu bertelur dan apa ada kemungkinan untuk bisa bergabung.

Hari III

06.00 Masak sarapan dan persiapan bongkar tenda.

08.00 meninggalkan lokasi dan menuju Banyuwangi.

11.00 Bye bye Banyuwangi.. see u again someday

Daaaaaan….. apakah rencana akan berjalan sesuai rencana? Kita tunggu nanti tanggal 18-20 Oktober.

Image

Advertisements

56 Comments Add yours

  1. dhaverst says:

    Akh kirain yang ikut naik dayatsu…. hehehehe πŸ˜€

  2. johanesjonaz says:

    ketipu… hahahahaha lungo dewe Om, rasah melu kuis2an heheheh

  3. dhaverst says:

    Hahaha… asem tak rewangi nempleki stiker gambar mobil mbarang…
    Wis bener mangkat dewe… denger siapa saja yang berangkat pengin mbalang clurit tenan hahahaha
    “wong kui..kui..kui…thok”

  4. johanesjonaz says:

    kaaaannnn!!! blog ku wes tak resiki.. wes tak ilangi gambar mobil dan sing ra penting kuwi. Jare koncoku sing ngerti penjurian yoo ngono kuwi… hahahaha #rewangimbalangclurit

  5. dhaverst says:

    Ngga ada pengumuman yooo…?
    Aku di kasih tahu mba Shasa,,, weleh.weleh ngimpi numpak komodo hahaha…
    Ya tau sendirilah gemana penjuriannya ahahhaha…
    sudahlah di trimak-trimake.. itu rejeki buat yang punya konco cedak saja tanpa susah payah ikuti aturan main… jjajjajaa…

    #nambahamunisiclurit

  6. johanesjonaz says:

    ikhlasssss!!!

    #nambahparangpakutombak

  7. ranselhitam says:

    Eh onok sek nggosip, melu melu melu #nggelarkloso hahahahaha
    Yo kemping ceria dewe yo πŸ™‚

    Ebetewe Tos sek mas Jo, aku juga disorientasi kanan kiri dan nggak jago baca peta πŸ˜†

  8. dhaverst says:

    hahaha sepakaaat

  9. *duduk manis nunggu hasilnya*

  10. johanesjonaz says:

    eh, ada tamu.. mari kita cangkruk… #nggawekopi
    Hahahah kok iso yo disorientasi kanan kiri… apalagi kalo ditanyain via telpon.. abis gini belok kanan ato kiri? #modyar … sukses bikin teman kesasar…

  11. johanesjonaz says:

    duduk doang.. kasih sangu dong Pon…

  12. Badai says:

    Meru Betiri itu nama yang eksotis, gak sabar pengen lihat foto2nya

  13. johanesjonaz says:

    Sabar ya Aldi… πŸ™‚

  14. ranselhitam says:

    Hahahaha, kalo aku harus lihat tangan dulu, payah bener dah πŸ™‚

  15. johanesjonaz says:

    aku butuh mikir… kalo ditanya spontan gak iso πŸ™‚

  16. Olive B says:

    jadi apa tidak? πŸ˜‰

  17. OKEH! FINE! Nggak ngajak!

  18. johanesjonaz says:

    75% persiapan udah matang… Tinggal menunggu takdir untuk berangkat… Tsah!

  19. johanesjonaz says:

    Hahahahha salahnya ke Bali yo gak ajak2 πŸ™‚

  20. nyonyasepatu says:

    akuu rindu teluk hijauuuu huhuhu

  21. Hahahahah! Balas dendam, kata kyai, itu nggak baik:p

  22. johanesjonaz says:

    ada fotonya Not? aku penasaran gimana sih teluk hijau itu heheheh

  23. johanesjonaz says:

    kata Romo boleh kok…

  24. Oh ya. Kata romo boleh? Hmmm…! Oke! Besok saya balas lagi!

  25. nyonyasepatu says:

    Nanti sabtu aku posting yaaa

  26. johanesjonaz says:

    ditunggu balasannya…. #semacam surat menyurat

  27. azzuralhi says:

    Asiikkk bener itu kayanya jo..
    kapan ya saya bisa berpetualang seperti itu.. qkqk

    semoga lancaaaarrr… πŸ˜€

  28. johanesjonaz says:

    amiiiiinnnn πŸ™‚

  29. kiagoesipul says:

    Kali – kali travel bandung city tour mas bro hehe

  30. johanesjonaz says:

    udah bosen kota bro… mau yg terpencil aja.. heheeh

  31. garayy says:

    mantab gaaannnn

  32. Fahmi Anhar says:

    lengkap benerrr infonya!! *nyontek, kali aja kapanΒ² mau kesini*

  33. aulia says:

    Tas kresek itu yg gimana beb? *lanjut bobok lagi*

  34. johanesjonaz says:

    tas kresek itu dari lateks, berupa gulungan, kadang2 ada rasa fruity, kadang ada juga yang bergerigi… #eh

  35. syifarah03 says:

    waaaahh, senangnya ya jalan-jalan rame-rame *mupeng
    Salam kenal πŸ™‚

  36. johanesjonaz says:

    Salam kenal juga.. Iya ini ceritanya trip reuni πŸ™‚

  37. indrijuwono says:

    Saya memang disorientasi kanan kiri (pengakuan dosa), tapi saya jago baca peta :

    hihihi, saya jugaaaa…

  38. chris13jkt says:

    Ngomong-ngomong ini teaser koq lama amat ya? Aku tunggu lho cerita realisasi perjalanannya. Plus foto tentunya ya πŸ™‚

  39. Ah … aku mau kesini, kata nya keren banget πŸ™‚

  40. johanesjonaz says:

    kuatkan fisik… πŸ™‚

  41. teguh says:

    murah ya, kayaknyaa.. Mas Jo gak ajak-ajak.. 😦

  42. johanesjonaz says:

    tripnya untuk orang kuat πŸ™‚

  43. teguh says:

    Siapa bilang saya gak kuat? Ngeceee…

  44. rommel says:

    That’s a lot of prepations! But it looks like it’s all worthed seeing that you and your group did a lot of activities. Looks like you had a great trip eyeing the beautiful waters. More pictures please. πŸ˜€

  45. johanesjonaz says:

    Thanks for come by mate.. We did have a great adventure there. Will post more pics soon πŸ™‚

  46. dians999 says:

    wahhh..nice info gan….. thanks for sharing
    nyontek yaa…itinnya…
    daku mo ke sana one day
    ^_^

  47. juniarta says:

    Aku bulan juli ini mau ke teluk hijau mau bawa mobil sendiri, apakah memungkinkan pake mobil avansa.? Dari tempat terakhir mobil brp jam jalan kaki ke teluk hijau?

  48. johanesjonaz says:

    mobil avanza bisa kok, parkirnya di desa terdekat dengan teluk hijau. perjalanan kaki dari desa terdekat kira2 1 jam.

  49. Alex Hendy says:

    Mas, di teluk hijau jadinya ngediriin tenda gak? Saya mau kesana bulan ini.. tapi dapet info kalo di Green Bay gak boleh ngediriin tenda. Katanya pos terakhir buat ngecamp tu di Rajegwesi.. Ada info gak? matur nuwun

  50. kalo sekarang memang gak boleh nenda di bibir pantai kalau di Teluk Hijau.
    Tentang pos terakhir di rajegwesi itu saya kurang tau, tapi kalau pun benar, jarak Rajegwesi dengan teluk hijau nggak seberapa jauh.. jadi gpp kalo ngecamp di rajegwesi lalu trekking ke Teluk hijau.
    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s