Tersesat di antara Palu dan Ampana, Sulawesi Tengah

Merpati Airways memang ngehek. Rekor delay 24 jam masih dipegangnya. Ah, sudahlah saya nggak mau ngebahas maskapai yang mau bangkrut itu. Bikin sakit hati akut.

Jadi nih, rombongan gank surprise pecah jadi dua, sebagian ke Palu karena akan lanjut trip ke Balikpapan, sebagian lagi ke Poso, mau pulang ke Surabaya via Makasar. Setelah sampai Poso, ada sms menusuk hati dari Merpati karena ada trouble di Maumere, pesawat yang sedianya berangkat Jumat diundur jadi Sabtu. Yak, delay 24 jam sodara! Daripada manyun, kami mencoba untuk mengeksplorasi Poso dalam dua hari ke depan.

Kami dapat sewaan mobil dari seorang polisi. Wih, seneng doong karena merasa safe and secure.. tapi nyatanya.. di Poso ini Polisi lebih takut pada warga #cerita dari sopirnya. Yah kami ciut nyali.. mengingat Poso masih rawan konflik.

Hari pertama kami menuju Danau Poso yang ada di Kecamatan Tentena. Namun ternyta jalan ke luar kota ditutup sampe jam 12 siang karena ada perbaikan jalan karena yang mbaurekso, Pak SBY terhormat mau kesitu untuk membuka Sail Towuti 2013. Sekali lagi warga jadi korban kekuasaan. Jadi selama menunggu jalan buka, Pak Benny, driver kami mengantar keliling kota Poso melihat sisa reruntuhan kerusuhan Poso beberapa waktu lalu. Ngeri ngeliatnya, banyak sisa bangunan yang hangus dibakar dengan pilar beton yang gosong atau fondasi yang sudah dipenuhi ilalang.

Selesai city tour, kami dibawa untuk melihat sebuah desa yang sedang mengadakan upacara “Pangucapan” – semacam seren tahun atau unduh-unduh. Sayangnya kami datang terlalu pagi, masyarakat masih berkegiatan di gereja sehingga tidak bisa mampir ke salah satu rumah untuk dijamu dan melihat tari adat Poso. Di kejauhan terlihat megah gunung Biru, yang konon adalah basis pelatihan teroris. Tidak ada satu orang pun yang berani kesana, termasuk para militer.

Setelah jam 12 kami segera meluncur ke Tentena, menuju danau Poso. Jalan menuju kesana naik turun bukit dan berkelok-kelok, udaranya juga lumayan sejuk. Di sepanjang jalan, banyak orang yang berjualan buah duku dan jagung. Kalau musim durian, daerah ini seperti surga bagi pecinta durian. Murah banget, bisa sampe mabok duren.

Setelah kerusuhan, danau Poso menjadi sepi. Nggak heran sih, karena Poso adalah gerbang masuk menuju daerah ini. Dulu sering diadakan festifal danau Poso, sehingga banyak cottage yang didirikan, tapi pasca kerusuhan tempat ini jadi sepi dan banyak tempat ditinggal pengelolanya. Bahkan, untuk sewa perahu ke tengah danau pun juga tidak bisa. Sau-satunya perahu yang ada adalah kapal patroli milik polisi air. Too bad 😦

Selain danau, ada juga wisata goa di dekat situ, namanya Gua Pamona. Tempat ini eksotis, walaupun sempit dan becek tapi banyak sekali lubang di atap gua yang memungkinkan sinar matahari masuk, membuat “cahaya surga” persis seperti yang ada di gua Jomblang.

Image

Pak Benny juga mengantar kami ke PLTA Sulewana, salah satu PLTA yang mengunakan aliran air dari danau Poso untuk menggerakkan turbinnya. Konon, tempat ini banyak memakan korban jiwa selama pembangunannya… rada singup sih memang.

Hari kedua di kota Poso hampir membuat kami kati gaya. Poso tidak lagi punya tempat menarik yang bisa dikunjungi. Tapi untung saja, pak Benny driver sekaligus guide kami pinter. Dia membawa kami ke daerah Lage ada air terjun dan sungai tersembunyi di sebuah desa, saya lupa namanya. Wih, keren sekali sungai ini.. berundak-undak dan batunya tidak licin… jadinya, kami trekking ke atas, sampai batas yang sudah tidak bisa lagi kami jangkau.

Setelah puas mandi-mandi, kami menuju pesisir untuk melihat kampung Bajo. Rumah mereka ada di atas laut, wanita-wanitanya memakai bedak dingin – typikal seperti suku Bajo yang saya lihat di Wakatobi. Anak-anak kecil membawa sampan di pantai dan jumpalitan, terjun ke laut… mereka pemberani sekali.

Poso saat ini sedang kondusif, jadi beruntung sekali kami bisa berada di sana dengan aman dan nyaman.

Poso, Juni 2013

Advertisements

61 Comments Add yours

  1. chris13jkt says:

    Mantaaaapp!
    Ngomong-ngomong itu foto terakhir “tinggal kenangan” apakah maksudnya karena dulu ramai gitu, Jo?

  2. ryan says:

    Gua Pamona-nya bagus. 🙂

  3. johanesjonaz says:

    Iya bang dulu rame skrg sepiii

  4. ryan says:

    kelilingnya jauh juga nih… 🙂 dari Jawa sampai Sulawesi

  5. johanesjonaz says:

    Mumpung kuat 🙂

  6. Citra Rahman says:

    Cewek di foto paling atas itu jadi loncat ga, bang?

  7. johanesjonaz says:

    Kagak, dia jiper duluan heheheheh

  8. BuPeb says:

    jo ganteng juga… *salah fokus
    *ngabur

  9. johanesjonaz says:

    Bukan salah fokus.. Lu menemukan modusku Bu Peb..

  10. BuPeb says:

    oh… trus.. modusnya dah kena sasaran belum?

  11. johanesjonaz says:

    udah, lu notice kalo gw ganteng huahahahahahah

  12. BuPeb says:

    ehem…. trus? mo modusin gw? #eaaaaaa….

  13. johanesjonaz says:

    huehuheheu… yang mau dimodusin #eaaaa

  14. BuPeb says:

    sini deh saling memodusin #halahhh

  15. Bagus KAAAKKKK! Asik bisa jalan jalan ke ujung beruunggg.

  16. johanesjonaz says:

    kokk Ujung Berung sih? Tasik ini mah…

  17. Hahahahah! Cih. Mana ada Tasik beginian. Kalau ada, saya bayarin kamu keliling….

  18. johanesjonaz says:

    Hahahah ngamuk!

  19. :d
    Saya kan udah gede, nggak bisa ditipu. Emangnya gadis desa. Ehhhhh!

  20. johanesjonaz says:

    Hahahahaha gadis desa.. Gerandong

  21. Nggak apa apa. Yang penting gadis kan:p

  22. johanesjonaz says:

    Sek tak bayangno kalo sampeyan jadi gadis mase… #horror

  23. Hahahahhaha! Menghina. Yakin kabur? Palingan nemplok. Haaaaaaaa!

  24. dhaverst says:

    dolaaaaaaaaaaan terusss….
    asyik nie sulawesi

  25. johanesjonaz says:

    Nemplok kalo kepepet 🙂

  26. johanesjonaz says:

    Hahaha podo ngono lho..

  27. kazwini13 says:

    hih, gue bete tiap liat postingan jalan2….. aahhh skripsi membunuhku -_-

  28. johanesjonaz says:

    Tapi kan lu dah punya pacar #salahfokus

  29. kazwini13 says:

    hahahahaaaaaaa
    apapula hubungannya? iya sih jadi ada wisata hati eaaaaa -_-

  30. johanesjonaz says:

    Preeet skrg gw yg iri sma lo!

  31. kazwini13 says:

    hahahaaaaa ga boleh iri, mau bulan ramadhan… haha apa hubungannya :p

  32. johanesjonaz says:

    Hubungannya? Gak ada .. Tapi dihubung2kan aja hahaha

  33. yusmei says:

    Baca artikelnya sambil istighfar takut pengen hahaha

  34. johanesjonaz says:

    Huhahahahahaha…

  35. h0tchocolate says:

    Foto sungainya mana? Gua pamona nya keren ih! Btw, seram sekali itu ada pelatihan teroris? 😦 my oh my..

  36. johanesjonaz says:

    eh, sungainya belum ada yes? tunguuu…

  37. dhaverst says:

    hahaha… iyo yo

  38. teguh says:

    oh, pacarmu mahluk halus toh, mas.. pantes. hahaha

  39. johanesjonaz says:

    gak papa, masih lau biarpun mahluk halus… unlike you huehehehh

  40. Erit07 says:

    Daerahnya bnyak yg seram..

  41. johanesjonaz says:

    Tapi relatif aman kok

  42. indrijuwono says:

    tulisanmu makn bagus.. uwaa.. nambah wishlist ini, cak!

  43. johanesjonaz says:

    Ayo Ndri.. Laksanakan!

  44. indrijuwono says:

    togean.. togean.. asal ndak usah ketemu mbak ulfa ya?

  45. johanesjonaz says:

    Amit2.. Jauhi dia!!

  46. windapontoh says:

    Ya astaga, sayang banget saya baru baca ini.
    Saya tinggalnya di Poso, asliiik dari balita 😆
    Ah andai udah kenal duluan, mungkin udah saya kasih rekomendasi tempat yang lumayan oke, semisal pantai…

  47. johanesjonaz says:

    Waaaaah… Sayang banget!! Btw salam kenal ya..

  48. windapontoh says:

    Hehe, iyaaa 🙂
    Salam kenal juga 🙂

  49. ranselhitam says:

    Aaaaaak, pengen ke Gua Pamona-nya 🙂

  50. johanesjonaz says:

    ayooo… bagus kok

  51. dansapar says:

    wow goa pamona nya keren

  52. bellnaros says:

    Malam kak saya mau keposo nih adakah nomor telepon driver yang bernama pak benny

  53. johanesjonaz says:

    0853 97972444 ini nomer telponmya pak yusran yg punya mobil. Minta disopiri Pak Benny

  54. hahaha seru juga nih tripnya

  55. johanesjonaz says:

    iya.. seru banget 😛

  56. theokaraeng says:

    belum pernah ke posooo.. 😦
    well, belum pernah ke bagian utara, tengah, tenggara sulawesi..
    maennya seputar sulawesi selatan saja.. 😦

  57. johanesjonaz says:

    malu sama Pongti..

  58. rommel says:

    WEEEE! Love the hole and glimmer of light photo. Fun 😀 and illuminating-ly special.

  59. johanesjonaz says:

    thanks Rommel, it’s just the little magic in a small cave in Sulawesi.
    There’s the massive one in Central Java where the sun ray penetrate the fog in the cave and create huge shinny light in the cave.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s