Jawa Tengah – Kopeng

This slideshow requires JavaScript.

Selama saya menginap di rumah Tata di Kopeng, ada beberapa tempat yang saya kunjungi selain Puncak Telomoyo dan penjual rondenya.

Kopeng di pagi hari sangat dingin. Sebenarnya saya mau diajak untuk melihat sunrise di balik bukit, tapi mata saya nggak bisa melek subuh. Baru saat matahari meninggi, saya bisa melek. Tanpa mandi saya minta Tata ngantar ke Umbul Songo. Kali ini jalan kaki, sekalian olahraga pagi :P. Tapi sebelum ke Umbul Songo, Tata mengajak saya ke gardu pandang gunung Merbabu melalui Jalur Pendakian Cuntel.

Memasuki gerbang pendakian Cuntel, saya seperti menemukan rumah, a home. Saya berhenti lumayan lama menikmati jajaran pinus yang diselimuti kabut sambil meniti jalan yang lengang… Seandainya saja ada gerimis, kopi, dan dia…Ahik! This is what I called romantic place. I wish you were here… begitu berulang-ulang kata-kata yang keluar dari mulut saya…

Dari Gardu Pandang, kami seharusnya bisa melihat punggung gunung Merbabu, Rawa Pening, dan kota Salatiga.. Namun kabut begitu tebal waktu itu dan matahari tidak bisa menembus tebalnya kabut… jadi saya dan teman-teman hanya bisa menikmati udara gunung yang dingin… dan beberapa hasil vandalisme di gardu pandang… oh yeah! Klasik.

Kata Tata, menurut Nabi Muhammad SAW jalan pulang tidak boleh sama dengan jalan berangkat, jadi kami pilih jalur lain untuk turun menuju Umbul Songo, melalui sentra tanaman hias dan pembibitan.

Ada cerita lucu disini. Dian, yang sangat penasaran dengan Walang Sangit (sejenis serangga yang berbau busuk) saya kerjai. Waktu itu saya kentut waktu jalan naik.. nah sifat jahil saya muncul..

“Dian! Kamu pengen tau walang sangit kan? Sini deh.. coba cium sini.. ada walang sangit”..

Dian segera berlari dan memekarkan hidungnya sambil mengendus-endus daerah tempat saya kentut tadi… Untung dia waktu itu nggak nganga-nganga banget, jadi dalam sepersekian detik dia langsung sadar kalo itu adalah bau kentut saya… hahahahaha saya ngakak gak habis-habis…

Sebelum masuk pintu gerbang Umbul Songo, kami disuguhi pemandangan langka… Anak-anak SD bermain kasti! Ya.. kasti, bukan play station seperti anak-anak kota yg pathetic itu. Ada sekitar limapuluh anak dengan satu guru pendamping main kasti. Saya dan teman-teman larut dalam suasana ceria anak-anak itu, sorak-sorak memberikan semangat dan lonjak-lonjak.. Oh, they’re sooooooo lucky!

Umbul Songo sendiri bukan tempat yang “wow” hanya air terjun yang debitnya sangat minim. Ini adalah bagian dari taman wisata Kopeng, selain wisma perhutani dan lain-lainnya.

Kuliner khas Kopeng adalah sate kelinci, bahkan di beberapa tempat ada yang bisa memilih kelinci mana yang akan disembelih… yak, cocok buat pecinta sado masokis!

Bila malam tiba, banyak tempat nongkrong dan kalo malas bisa turun ke Salatiga untuk menikmati ronde Mak Pari, seperti yang saya lakukan bersama keluarga Tata

photo-20

76 Comments Add yours

  1. Kereen oommmmm. Mau donggg omm diajakkk.

  2. johanesjonaz says:

    ogaaaaaaahhhh hahahahahahahah, ajak aku cari udang dulu di kali 😛

  3. Haaaaahahah! Jangan ah, anak kota nggak bisa jalan di hutan:p

  4. Hayoklah! Hutan mana ya. Hmmm…!

  5. dhaverst says:

    Mantaaaaaaaaap Jaya…………….

  6. dhaverst says:

    Rumah saya samping kanan indomart 2….

  7. johanesjonaz says:

    Kopeng??? Kenal sama Bu Aan dong?

  8. nyonyasepatu says:

    Dia? Siopoooooooo? Tak bernama trus perempuanmu

  9. johanesjonaz says:

    Apalah arti sebuah nama…

  10. ryan says:

    keren nih….
    palagi foto terakhirnya tuh. itu sunrise di kopeng juga?

    @nyonya: bener tuh. tanpa nama

  11. dhaverst says:

    Aan… nda kenal hehehe.. aku nda gaul Om.. kebanyakan di salatiga….

  12. dhaverst says:

    Wadalal,…. Novita Tata…., iku lak temenku SMA…. Pradika… DIka itu adik kelasku….
    Dunia sempit sekali ternyata….
    Salam buat mereka… Yo…?

  13. johanesjonaz says:

    itu foto panoramic dari Garu Pandang Cuntel, di kaki Merbabu 😛 Taken By Dika

  14. johanesjonaz says:

    salam balikkkk… sampeyan di dimana sih? Kopeng ato Salatiga?

  15. johanesjonaz says:

    rumahnya dekat hotel yang ada gambar wayangnya… deket tikungan yg mau ke arah cuntel-gardu pandang

  16. Sate kelinci mmg nikmat di tempat hawa yg sejuk 🙂

  17. Wong Cilik says:

    fotonya keren … kebayang deh pagi2 berjalan di antara kabut …

  18. johanesjonaz says:

    Betul.. Semacam sarangan juga

  19. johanesjonaz says:

    Pake hp itu mbak… 🙂 gak sempat bawa kamera slr

  20. dhaverst says:

    Solo3 Mase…

  21. dhaverst says:

    Ahay… sudah inget… dulu aku pernah main kesana 1-3 kali sebelum mendaki merbabu… jaman SMA ahahaha

  22. johanesjonaz says:

    cafeole dong 😛

  23. johanesjonaz says:

    iya, dia juga igat sama mas danang.. tapi nggak pernah sekelas katanya 😛

  24. dhaverst says:

    Iyo… kafe yang banyak nyamuke…. lha semak belukar thok isinya hahahaha

  25. dhaverst says:

    enakan wedang ronde mas…. hahahahahaaa

  26. johanesjonaz says:

    tapi aku krasan 😛

  27. johanesjonaz says:

    ronde Mak Pari? wes nyoba no.. sing susu

  28. dhaverst says:

    hayooo jelas… dia di kelas elit IPA kan dia isi kepalanya encer… kalo saya di kelas ecek-ecek STM4 buat otak yang keras dan sudah membatu hahhaha….. 😀
    Dimana nie tata sekarang…?

  29. dhaverst says:

    iyo kan baru sekali dua kali…
    coba sering-sering;;; bosen… enakan di angkringan bisa comot sana-sini sesuka hati dan yang pasti murah meriah hahahhaha 😀

  30. johanesjonaz says:

    mosok to? hahahahahahah
    Dia di Jakarta skrg.. sampeyan masih di sala3?

  31. dhaverst says:

    sudah… sudah…. aku gak doyan pedesnya… yang pake jahe.. parah

  32. johanesjonaz says:

    iya sih… hahahaha tapi salatiga itu terlalu kota buat ngangkring :p gak kayak di Jogja

  33. johanesjonaz says:

    iyo pedese pol-polan..

  34. dhaverst says:

    iyo,,,,

    saya jaga gawang di sala3 saja…

  35. dhaverst says:

    makanya saya betah hehehen:D

  36. teguh says:

    hutan pinuse apik karena ada kabutnyaa…

  37. johanesjonaz says:

    coba mukaku nongol disitu, pasti lebih bagus

  38. giewahyudi says:

    Kalau dari arah Klaten lewat arah yang ke Semarang ya, Mas? Udah lupa jalannya padahal waktu kecil dulu pernah ke Kopeng..

  39. johanesjonaz says:

    betul, kalo udah sampai salatiga naik ke barat.. 😛

  40. Asoy jg kisah Kopengnya. Knp ga sekalian daki Merbabu, masbro? Sy blm pernah ke Kopeng sih. Tahun 2002, malah ke desa wekas-nya, jalur tengah kalo mo ke Merbabu. Btw, sonofmountmalang wong gendeng kui.wkwkwkwk

  41. johanesjonaz says:

    oalah… koncone pak de Gunung Malang to? wakakakaakak… ayo ndang nggawe worpdress, kita hancurkan sonofmountmalang..

    Gak ke merbabu karena gak persiapan ndaki, mung jalan2 sehat aja kok 😛

  42. johanesjonaz says:

    jebul dirimu wes tak follow 😛

  43. redbike92 says:

    eh bro Johanes
    aku mau tanya
    kan namanya umbul songo (songo = sembilan)
    lah, yang sembilna apanya kak? hehehe

  44. johanesjonaz says:

    9 mata air mungkin hahahah aku yo ak eroh

  45. kazwini13 says:

    Jangan-jangan lu cintanya sama setan di hutan pinus ya hahahaa

  46. johanesjonaz says:

    iya.. itu kamu kali hihihihihihihi

  47. kazwini13 says:

    napa jadi aku -_-

  48. johanesjonaz says:

    mirip momok… 😛

  49. Badai says:

    Tata mana Tata kok ga ada penampakannya

  50. Badai says:

    btw nginep di tempat Tata gratis nih? dapet sarapan gak? huahaha 😉 *lagi survey*

  51. johanesjonaz says:

    Aoomodasi, transportasi, konsumsi gratis semua!!!

  52. teguh says:

    jadi lebih jelek… hahaha

  53. chris13jkt says:

    Wah pantes selalu suka hutan pinus, rupanya ada kenangan indah toh? 🙂

  54. dinanggraini says:

    kebodohan terbesar dlm hidupku!

  55. Tofik Pr says:

    Wah, perjalananmu iki kurang lengkap. Gak ketemu aku neng kono kowe… B)

  56. johanesjonaz says:

    halah… selalu… bodoh

  57. johanesjonaz says:

    halah.. wes dadah2 nang bis ngono kok 😛

  58. nona says:

    aku jatuh hati sama pinus. si patih pinus di ceritaku *lho *salahfokus

    aku ndak bisa makan sate kelinci.. kasihan 😥

  59. johanesjonaz says:

    kenapa gak bisa makan sate kelinci? kesian ya? heheheh

  60. johanesjonaz says:

    patih pinus yg mana? gw cari gak ada 🙂

  61. aku suka pemandangan gunungnya.

  62. johanesjonaz says:

    Iya.. Bagus ya..

  63. hy jo,thanks….sebelum akhirnya aku bikin blog jg sekitar awal bulan juni ini (meski aku gaptek banget),aku sdh sering baca tulisan jo,kalo aku lagi lelah baca2 buku tertentu,dan butuh penyegaran sekaligus memenuhi dahaga yg kepengen jadi backpaker tapi ga kesampaian tulisan dan foto2 jo cukup memenuhi ruang imajinasiku,sekali lagi thanks ya,kapan tulisan barunya ada lagi,oh ya aku menemukan mu diblognya bung tofikpr(tau tofikpr karena beli buku hugochaves),salam
    kenal jo semoga saat ini sehat,aaamiiiin

  64. johanesjonaz says:

    hi Nay, makasih sudah mampir ke blog ku… ayo coba dong sekali-sekali backpacking.. seru lho…

    It is a good start kamu memulai bikin blog, it will be useful someday.. trust me…

    Tulisan baru nanti mungkin Juni setelah pulang dari Togean.. aku juga sepintas scamming your blog.. and it’s quiet interesting :)…

    Blognya Mas Tofik memang keren!! Dia guruku 😛

  65. hehehehe pengen banget berpergian,aku juga berharap bisa menanti sunset disetiap kota di indonesia,sbelum keluar sperti yg jo tulis di profil, sejauh ini belum nemu kawan,kalopun pernah berpergian yaaaa cuma dari mall ke mallnya aja. btw wahhhh sebenernya maluuu jo ngeliat blog aku, sangat tertatih tatih aku menggunakan aplikasi dunia maya yang satu ini,dari mau bikin photo profil sampe ngebuat blog seperti tampilan punya jo sampai detik ini aku ga bisa,pernah mau posting lewat bb eh salah tempat………….(parah banget deh).ditunggu tulisan barunya jo…sekali lagi thanks ya.oh ya sekalian minta ijin save photo2 tertentu ya jo

  66. johanesjonaz says:

    There’s always the first time.. Dulu aku juga agak gimana gitu pergi berpetualang pertama kalinya. Tapi harus dicoba. Temukan komunitas yg suka bepergian.. Dari situ kamu bakal punya banyak ide untuk traveling. Ikut milis backpacker id di yahoo contohnya.
    Kalo masalah isi blog jangan kuatir.. Aku dulu juga cupi bgt nulisnya.. Gak karuan susunan kalimatnya. Tapi terus menulis, ketrampilan itu akan terus diasah.. Jadi jangan ragu untuk nulis apapun. Saya suka dengan org yg punya semangat nulis 🙂

  67. can’t say anything jadinya…..hehehe bighug aja deh buat jo….ga bisa brenti bilang makasih deh ….

  68. Sadam says:

    mas jo ke sala3 gak ajak2, haha.. nice posting masbro..

  69. johanesjonaz says:

    wes dijak, kowe ra gelem 😛

  70. rika says:

    cerita mengenai anak-anak main kasti, jadi ingat masa kecil, dulu juga suka main kasti, pas kena lemparan kasti ajiib banget rasanya, memar! 😀

  71. Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Minuman ramuan tradisional khas Yogyakarta terbuat dari 100% rempah alami yang sudah turun temurun sejak zaman Raja-raja Mataram.

    Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional alami khas Jogjakarta yang terbuat dari rempah alami dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal unik & nikmat, juga kaya akan khasiat untuk kesehatan.

    Sejak zaman nenek moyang terdahulu, bahan ramuan Wedang Uwuh dipercaya dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb.

    Saat ini ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja makin digemari & banyak dikonsumsi untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas.

    Varian Produk Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    1. Rempah / Original
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang masih berbentuk bahan baku asli dengan penyajian diseduh ataupun direbus.
    •Netto 40 gram untuk 1gls besar.
    •Netto 65 gram untuk 5-6 gls besar

    2. Instan
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
    •Netto 50 gram untuk 4gls.

    3. Instan Ekstra Pedas (Rasa Lebih Pedas)
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan rasa lebih pedas, cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
    •Netto 50 gram, untuk 4gls

    4. Celup
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang masih berbentuk bahan baku asli dikemas menjadi kantung celup (seperti teh celup) dengan penyajian diseduh.
    •Kemasan tas isi 10 kantung, per kantung dapat untuk 3gls besar.

    Profil Angkringan Jogja

    Pusat produsen dan Pusat Grosir penjualan Wedang Uwuh bermerk dagang Angkringan Jogja minuman kesehatan Tradisional khas Jogjakarta yang terbuat dari 100% rempah alami.
    Produk ” Wedang Uwuh ” dikemas dengan Kemasan Plastik & Kantung Tas Kertas Klasik.

    Pembelian & Pemesanan Produk

    Sedia untuk pemesanan , penjualan produk, kerjasama Distributor, Agen, Reseller dan Grosir.

    Kontak/ SMS :
    – +6281392977979 ( Telkomsel )
    – +6285642335089 ( Indosat )
    – +6281904131899 ( XL )
    – +622747849189 ( Flexi )
    – 0101702747849189. ( Flexi untuk luar kota Jogja, tariff Rp 100,-/menit)

    BB PIN : 316454c4

    Website :
    http://www.angkringan-jogja.com
    http://www.wedang-uwuh.com

    Email :
    angkringan_jogjakarta@yahoo.co.id

    Facebook :
    Angkringan Jogjakarta
    Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Twitter @angkringanjogj

    Alamat :
    Jl. Patuk – Dlingo km 11, Klepu Rt 01, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta 55783

Leave a Reply

