Sehari di Surabaya – Apa Yang Bisa Dilakukan?

Tulisan ini terinspirasi saat teman baik saya yang berdomisili di luar Jawa menelpon saya, mengabarkan bahwa dia akan transit satu hari di Surabaya sebelum melanjutkan penerbangan ke Bali. Saya kelabakan membuatkan agenda jalan-jalan untuk dia. Jujur, meskipun saya lama tinggal di kota buaya ini, saya kelimpungan begitu ditodong tempat-tempat yang asyik untuk menghabiskan satu hari di kota bisnis ini.

Image

Saya mulai menawarkan penginapan dan hotel yang affordable untuk ukuran kantong dan allowance dari kantor untuknya. Mulai dari penginapan kelas backpacker di daerah kayoon sampai hotel-hotel sekelas Artotel yang kian menjamur di Surabaya.

Pagi Hari.

Sarapan pilihan adalah sate kelapa di daerah Ondomohen. Sate ayam atau daging ini begitu khas dengan balutan kelapa yang sudah disangrai, lalu dibakar dengan arang dari batok kelapa yang membuat citarasa sate ini semakin nikmat. Sate ini bisa dinikmati dengan lontong ataupun nasi.

Image

Tujuan pertama di pagi hari adalah hutan mangrove di daerah Bosem, Wonorejo. Pagi hari adalah saat yang tepat untuk melihat ekosistem mangrove di pantai timur Surabaya. Di tempat ini kita bisa jalan-jalan menikmati segarnya pagi diatas joging track kayu yang membelah hutan mangrove sambil menikmati ulah burung pantai yang memulai geliatnya. Jika sudah lelah berjalan kita bisa kembali ke tempat semula untun naik perahu menyusuri sungai Jagir yang bermuara di ujung selatan selat Madura. Di ujung muara kita bisa melihat laut yang terhampar luas, tidak berwarna biru tapi lumayanlah untuk menikmati hangatnya sinar matahari pagi.

Setelah menikmati hutan mangrove, perjalanan dilanjutkan menyusuri pinggir timur kota Surabaya, menuju ke pantai Kenjeran. Ada kuil Budha di areal Pantai Ria Kenjeran (Kenpark) yang terkenal dengan patung Budha empat muka yang menjulang tinggi dengan gajah putih di sekitarnya. Di seberangnya ada kuil Dewi Kwan Im yang diapit oleh dua naga raksasa menandai batas daratan dan lautan. Jika suka, kita bisa menikmati sajian khas Surabaya berupa lontong kupang dan es kelapa muda yang banyak dijual di area Kenpark.

Image

Menjelang siang, perjalanan dilanjutkan menuju kompleks jembatan Suramadu. Ada sebuah lokasi pengamatan jembatan terpanjang di Indonesia. Namanya daerah gudang peluru. Entah kenapa namanya seperti itu yang jelas di sini kita bisa melihat jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura ini secara utuh. Mau melewati Suramadu? Ayo… !Di ujung jembatan ini ada sebuah warung nasi bebek yang termasyhur, Warung Bebek Sinjay namanya. Namanya agak keindia-indiaan, padahal lokasinya ada di Madura.. hm…Kenapa bisa begini? Bisa ditanyakan pada pemilik warung nasi bebek ini nanti.

Siang Hari.

Panas kota Surabaya di siang hari bisa membuat pusing. Untuk melewatkan siang yang panas, pilihan destinasi berikutnya bisa ke Museum House of Sampoerna yang terletak di Jl. Taman Sampoerna no 6. Ada museum yang menyimpan benda-benda bersejarah seputar rokok dan PT. Sampoerna yang memproduksi rorok berlambang huruf A ini. Jika sedang beroperasi, dari lantai dua kita bisa melihat para pekerja yang sedang membuat lintingan rokok Dji Sam Soe, ya.. tempat ini juga masih produktif sebagai salah satu pabrik rokok. Di sisi bangunan lain ada cafe yang cukup cozy, di sini kita bisa makan siang. Sebenarnya pihak House of Samoerna juga menyediakan fasilitas city tour Surabaya, namun harus reservasi dahulu. Untuk acara dadakan tentu saja tidak bisa. Lokasi city tour diantaranya Jembatan Merah, Tugu Pahlawan, Hotel Majapahit, dan tempat-tempat bersejarah Surabaya lainnya.

Image

Setelah matahari agak condong ke barat, perjalanan bisa dilanjutkan ke Gereja Kepanjen. Nama sebenarnya adalah Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria, namun lebih dikenal dengan nama Gereja Kepanjen karena letaknya di jalan Kepanjen. Arsitektur gedung ini masih klasik, layaknya gereja-gereja katolik tua, dengan kubah yang tinggi dan lonceng yang masih aktif dibunyikan.

Pilihan berikutnya bisa ke kompleks Masjid Ampel yang termasyur itu. Tiang penyangga dari kayu yang masih terawat dan berukir kaligrafi serta jajaran karpet hijau sebagai sajadah. Tempat ini juga destinasi wajib untuk dikunjungi sebagai icon bangunan religi Surabaya. Di tempat ini berdiam komunitas WNI keturunan Arab dan India, tak salah jika kita sejenak mencicipi makanan khas timur tengah berupa kambing oven dan nasi kebuli. Jika beruntung kita bisa blusukan di kampung Arab dan membuat rajah tangan khas timur tengah, tentunya ini khusus untuk para wanita.

Sore dan Malam Hari.

Setelah istirahat sejenak dan mandi, mall bisa menjadi pilihan kunjungan selagi tampilan masih segar dan baju masih belum kucel. Tunjungan Plaza, salah satu icon mall di Surabaya bisa menjadi rujukan. Atau bila suka dengan mall yang tidak terlalu besar, Delta Plaza bisa menjadi alternatif pilihan. Disini kita bisa mencicipi makanann khas Surabaya seperti rujak manis, lontong balap, lontong mie, dan rujak cingur, sembari menikmati dinginnya AC mall.

Image

Bila matahari sudah berada dalam peraduan, geliat malam kota Surabaya menjadi atraksi tersendiri. Ada banyak tempat nongkrong yang asik sambil menikmati makan malam. Ada G-walk, D’loop, D’capital, atau di Surabaya Town Square yang menawarkan beragam tempat ngobrol dan ngopi ala anak muda Surabaya. Bila kurang suka dengan tempat-tempat sekelas itu, angkringan kaki lima dan warung STMJ bisa menjadi pilihan lain yang bersahabat dengan kantong.

Sebagian orang yang belum pernah menginjakkan kaki Surabaya pasti penasaran dengan Dolly, yang sebentar lagi ditutup oleh pemkot Surabaya Hahaha… bisa saja kesana kalo hanya lewat dan sekedar tahu. Naik motor lebih baik karena bisa pelan-pelan dan lebih santai. Berhenti beli rokok sambil melihat “aquarium” dan “ikan-ikannya” tapi untuk urusan yang lain saya nggak tau.. saya masih hijau. Hahahah…

Bila masih punya cukup energi niteclub dan tempat party sudah menanti… Ada banyak! Silahkan saja pilih.

Sebenarnya masih banyak destinasi yang menarik lainnya, tapi untuk sehari.. sepertinya itinerari diatas cukuplah… Silahkan mencoba.

Advertisements

125 Comments Add yours

  1. Nganu… kalo malem liat mbak-mbak di Pakuwon bikin mata seger tapi ati nangis… 😀

  2. johanesjonaz says:

    hahahhaha… iyo mas, gak iso nggowo mulih soale..

  3. Surabaya, oh Surabaya. Makanannya enak enakkkkkkkkkkk! Oh, kapan balik lagi ke Surabaya. Pengen makan kambing oven super dahsyattttt! *ngiler sampe netes ke lantai*

  4. johanesjonaz says:

    hahahhahah…. haujek sencingping kalo orang cina bilang 😛

  5. kazwini13 says:

    aku kalau ke surabaya mau diajak kemana?

  6. johanesjonaz says:

    Ke terminal Purabaya

  7. kazwini13 says:

    Lalu nyanyi sama penyanyi campur sari..

  8. Kambing gulai enak di rujak cingur bu aini. Itu enak! Enak! Lho kok?:D

  9. johanesjonaz says:

    dangdut juga boleh…

  10. johanesjonaz says:

    ah banyak yg enak.. kalo mau mlipir dikit ke sidoarjo, ada rujak yu tilah sama tahu campur juga.

  11. RRrrrrrr! Makanan mulu. Inget perut ah. Lagi hamil 6 bulan ga kelar kelar:D

  12. johanesjonaz says:

    perutmu lak’an mas.. perutku mah 6 packs, bukan 6 months hahahahah

  13. johanesjonaz says:

    hahahah pasrah banget lu…

  14. kazwini13 says:

    ywd.. gw minta diajak keliling surabaya, makan di tempat paling enak, tidur di hotel bintang sepuluh, pokonya yang the best
    *kampret banget*

  15. johanesjonaz says:

    siap.. selama lu yg mendanai 😛

  16. kazwini13 says:

    aku kan tamu :p
    harus dilayani sama tuan rumah kali :p

  17. johanesjonaz says:

    dilayani? dilayani? saya pelayan kali ya? huehuehuhehehehhe

  18. kazwini13 says:

    hahahahaaaaaaa :p

  19. ryan says:

    Mantap infonya…
    kayaknya kapan2 ke Sby bisa minta tolong juga nih… 🙂

  20. taman bungkulnya mana???? kangen taman bungkul aku, wes suwe gk rono… 😀

  21. johanesjonaz says:

    taman saiki akeh, ora mung taman bungkul doang.. ada taman manula, taman flora dll.. 😛 ayo ndang nang sby..

  22. nag surabaya leg dewean gk wani aku,,, sering nyasar,,, buta jalan aku di surabaya… 😀

  23. johanesjonaz says:

    pake GPS no Mit… hahhaha

  24. ribet ah,,, naek motor sambil liatin GPRS,,,,
    lebih baek ngajak sopir (teman) hhehehehehh

  25. potrehkoneng says:

    aku kalau ada temen ke sini, tak ajak ko HOS, suramadu, sama nongkrong sore-sore di skatepark bmx, kalo ngopi2 tak ajak ke kopitiam, makan bisa ondomohen, bisa nasi goreng jancuk (ini tapi kudu ramean), tahu tek di daerah darmahusada, atau hunting semanggi. =D

  26. scott2608 says:

    wonderful photos!

  27. johanesjonaz says:

    hahahahahha… ojek maksut lu?

  28. johanesjonaz says:

    nuliso po’o biar bisa buat alternative teman2 yg mau ke sby 😛

  29. johanesjonaz says:

    they’re not mine.. I just pick it form the open source

  30. he’em,,, klu bisa cari tukang ojek yg gratis… 😀

  31. chris13jkt says:

    Nah catatan gini ini yang bisa berguna kalau pas nyasar di Surabaya lagi. Thanks Jo.

  32. potrehkoneng says:

    iya mas, lagi ga dalam mood nulis, entah opoo…. ntar nulis lagi kok =D

  33. johanesjonaz says:

    tak enteni yo Sop…

  34. Monica says:

    ulasan yg bagus, 🙂

  35. chiemayindah says:

    Aku pernah lewat Dolly, tapi siang hari. sepii… masih pada bubuk siang kayaknya.. hahaha..

    Ya ampuuun.. dari sekian banyak destinasi, saya yang pernah cuma ke Tunjungan Plaza sama Masjid Sunan Ampel doank.. padahal bolak-balik ke Surabaya… ~__~

  36. johanesjonaz says:

    makasih.. semoga nanti berguna

  37. johanesjonaz says:

    kadang wong suroboyo sendir belum pernah ke tempat2 yang menarik di Surabaya…
    Kalo Dolly siang ya bobok… jam biologisnya beda kaliii hahahahha

  38. JNYnita says:

    Reblogged this on JNY's Link and commented:
    noted..
    utk bekal klo ke Surabaya..

  39. redbike92 says:

    wehehehe
    akhirnya tempat kelahiran saya di review juga sama kak Johanes 😀

    lain kali kalau ada waktu agak lamaan
    jangan lupa mampir ke pasar atom (mall tertua di Surabaya 😀 – oriental banget), ke monkasel (kasel = kapal selam :mrgreen:), sama makan rawon di Setan 😀

  40. h0tchocolate says:

    wah, Tunjungan Plaza masih ada toh ya? Hebat, bisa bertahan sampai seakrang! Benar-benar icon deh.. Saya pertama kali ke Surabaya sekitar 20 tahun silam, dan yang saya ingat hanya Tunjungan Plaza 😀

  41. johanesjonaz says:

    Masih eksis! Ayo ke sby lg

  42. celotehdaerah says:

    Knapa sonde ajak mreka ke gresik sa

  43. johanesjonaz says:

    Ya tuan rumah dong yg ajak…

  44. Tofik Pr says:

    Ada dua yang perlu dicurigai:

    Pertama, aku yakin bagian Dolly itu diedit. Pasti sebenernya bagian itu yang paragrafnya paling panjang.

    Kedua, masak pijat timung Jl Indragiri gak masuk destinasi? Ah, kamu mengabaikan satu keindahan di Surabaya.

    🙂 🙂 🙂

  45. johanesjonaz says:

    Wes.. Lek pakare sing ngomong aku rak komentar wes.. 😉

  46. Besok kalo aku ke Surabaya aku diajak jalan2 juga ya Jo 😛

  47. Bams Triwoko says:

    Informasi jalan2 di Surabaya yg mantabbss dan josss… 🙂
    – kebetulan dlm waktu dekat ingin jalan2 ke Surabaya –
    Suwun cak Jo… 🙂

  48. Solochanger says:

    berasa kurang kayaknya deh kalo cuma sehari ya 😀

  49. johanesjonaz says:

    kuraaaang heheheheh.. ayo main ke sby 😛

  50. YantiNurhida says:

    aku pernah ke Surabaya satu kali, cuma dua hari, itupun lupa udah kemana aja…kalo Tunjungan Plaza kayaknya pernah deh… jadi pengen kesini lagi…

  51. johanesjonaz says:

    hayuuu nostalgia Yanti… 😛

  52. hmmm, sebagai orang Surabay, saya sendiri rada kesulitan untuk menyebutkan tempat-tempat wisata yang oke di sana 🙂

  53. sudah kebanyakan pusat perbelanjaan dan wisata alamnya pun terbatas.

  54. johanesjonaz says:

    mbok ya coba ditulis tempat2 makan yang oke.. 🙂

  55. Tofik Pr says:

    Wisata alam Surabaya itu nggak terbatas. Jangan cuma terpaku sama hutan mangrove sama pantai kenjeran. Kembang kuning, bantaran kali, itu kan juga alam. Bisa dikunjungi siang-malam malah. 😀

  56. hahahaha, berhubung asalnya dari Surabaya jadi kalo di sana makannya di rumah 😀

  57. johanesjonaz says:

    termasuk juga kremil, pasar kembang, panglima sudirman, jagir… termasuk “wisata malam” 😛

  58. Tofik Pr says:

    Nah!!! Siapa lagi mau ngomong wisata alam Surabaya terbatas? Banyak wisata alamiah.. 😀

  59. johanesjonaz says:

    ayolah… pasti tau tempat makan oke.. rawon setan? soto cak har? trus… longtong balap garuda?

  60. johanesjonaz says:

    terbatas untuk umur 17 tahun keatas maksudnya mase…. :))

  61. oke, bisa nyoba rawon pak Pangat di DTC atau di wilayah Ketintang/Gayungsari. Atau di warung ikan wader, masih di wilayah ketintang/gayungsari 🙂

  62. Tofik Pr says:

    Lho justru yg alamiah itu harus diperkenalkan sejak dini melalui pelajaran dengan contoh nyata (tapi bukan praktek lho ya), biar kalo gede gak salah memahami, yg bisa berujung salah pergaulan. Hahaha

  63. johanesjonaz says:

    ya monggo ditulis 🙂 hehhehe

  64. johanesjonaz says:

    eits… yang sudah pernah praktek… 😛

  65. Tofik Pr says:

    Ngawur, awake dw gak tau andok, tapi bungkus makan di rumah. :p

  66. johanesjonaz says:

    hahahahah kampret… sing nang endi iku? kremil pasti.. hahahahah

  67. Tofik Pr says:

    Kita bukan konsumen residu bos. Kita maunya baru, yg masih anget dari pabrik.. Haha

  68. nona says:

    Hihihi.. jadi inget aku pernah mampir ke ampel tengah malem gara2nya harus balik ke Jakarta paginya. Jadilah jalan2 tengah malem.. Kalau aku main ke sby jadi guide ya Mas 😀 *malak*

  69. johanesjonaz says:

    hahahah insyaalah 😛

  70. @p49it says:

    Baru tahu ada yang jajan sate sebagai sarapan.

  71. johanesjonaz says:

    ada.. di ondomohen

  72. Tofik Pr says:

    Wah, ini pasti blognya orang males. Jarang apdet *nglewes :p

  73. johanesjonaz says:

    blog sitoke aktif yoooo.. barusan aku nulis boroknya dokter dan perusahaan farmasi 😛

  74. Raf says:

    Jo, gw pernah transit di Juanda sekitar 3 jam-an sebelum ngelanjutin ke Kupang (Ya, ya, ya, namanya juga nyari yg rada murahan, transit sana-sini), would you gimme advice for something like that? Masa gw cuman bengong-bengong aja di bandara, huffftt.

  75. johanesjonaz says:

    3 jam mepet banget bro.. Saran gw sih ya ngopi di starbucks aja sambil baca buku heheheh

  76. Raf says:

    *berharap ketemu gerombolan bule-bule cantik yang juga lagi kebingungan mau ngapain* 😀

  77. johanesjonaz says:

    Trus? Kamu kenalan sama mereka?

  78. Raf says:

    Hmm, maybe. Hihihi…

    Btw, sori kalo rada ribet gini bales komennya, abis notifikasi dari WP ilang entah kemana?

  79. johanesjonaz says:

    Dicolong siapa? Hehehe

  80. Wong Cilik says:

    termasuk banyak tempat juga untuk perjalanan 1 hari … 😀

  81. johanesjonaz says:

    Kalo energinya full bisa 🙂

  82. indrijuwono says:

    wah, sehariku di surabaya biasanya habis buat kongkow sama teman SMA haha.. tapi tempat2 ini menarik, lima tahun di sana belum pernah ada yang kudatangi..

  83. johanesjonaz says:

    Hoiiii ndriiii lama gak nongol kamu.. Heheheh

  84. Badai says:

    trims Jo, your writing has inspired me to:
    1. go to Surabaya
    2. make my own to do list in Bogor

    ^^

  85. Gereja Kenjeran keren…udah saya buktiin, tapi kok Tugu Pahlawan nggak masuk ya? hehe…
    Yuk om Jo ajakin saya masuk ke Hotel Majapahit… 🙂

  86. johanesjonaz says:

    Hayuk.. Cuman masuk doang kan? Heheheh

  87. iya donk…penasaran lihat foto Hui Lan yang dipajang di salah satu ruang hotel 🙂

  88. johanesjonaz says:

    Hmmm nggak salah hotel? Hui lian bukannya di hitel tugu?

  89. Eh iya…huahaha…jauh banget salahnya, antara Surabaya dan Malang :p

  90. kharis says:

    Gak Puas Johan kalo sehari di Surabaya. ada tips mengatasi panas menyengat kota buaya ini?

  91. johanesjonaz says:

    iya sih… kalo panas di surabaya dinikmati aja… itu bagian dari atraksi 😛

  92. Masa sieh masih ijoo?? *kabuurr* :)))

  93. johanesjonaz says:

    agak kebiru-biruan skrg heheheh

  94. Sadam says:

    bagus euy blog nya mas

  95. johanesjonaz says:

    makasih sudah mampir 🙂 semoga berguna ..

  96. dodo says:

    Menjelang subuh nunggu sunrise di Kenjeran watu-watu (pantai cumpat).Dari sini juga bias melihat jembatan suramadu secara utuh dan nyaman. Sekalian menunggu sarapan ada banyak penjual lontong kupang juga. Wisata pagi bisa bergeser ke barat daerah Ampel. Lanjut melihat jembatan Petekan yang bisa buka tutup. Bisa juga masuk ke Pelabuhan Kali Mas yang eksotik dengan pemandangan aktivitas bongkar muat kapal kayu. Spot yang menarik untuk hunting foto.

    Itu pilihan saya kalau pagi hari 🙂

  97. imeel says:

    eh gerejaku ikut dipromosiin jg, btw pa kbr cak bro 🙂

  98. imeel says:

    sipp lah, if u don’t mind pls folbek yaa..

  99. imeel says:

    oh ya tah? okelah klo begitu..:)

  100. Olive B says:

    kalo ke ondemohen guten morgen selain sate aku sukanya beli lemper yg endang bambang gurindam 😉

  101. johanesjonaz says:

    aku lho ra eruh lemper sing endi hehehehe

  102. athomemegah says:

    Kalau butuh penginapan murah dan bersih , mampir di @thome aja. Lokasi strategis, harga mulai Rp 110.000/ hari. Visit us at http://www.athomemegah.wordpress.com. Thanks for blog nya johanesjonaz 🙂

  103. johanesjonaz says:

    direkomendasikan!

  104. eienspeed says:

    Sebenarnya dolly itu di sebelah mana si. Saya hati ini ke Surabaya. Sama istri, sekedar penasaran mau tahu tempatnya kayak apa. Kalau mau kesana pakai mobil pribadi ke arah mana ya? Dan kalau cuma lewat gitu aman kah? Model nya kita bisa sambil jalan lewat gitu kah?

  105. johanesjonaz says:

    Sekarang udah sepi mas, udah mau tutup. Tapi kalo mau bisa lewat pasar kupang..

  106. ingakdewi says:

    Bandung.. Bandung.. kapan ke Bandung mas? hehe

  107. johanesjonaz says:

    Nah itu pertanyaan susah 🙂

  108. johanesjonaz says:

    Nunggu undangan.. Hahahah

  109. wah belum pernah ke Surabaya nih.. pengen banget 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s