Waisak 2556 BE/ May 2012

Sudah lama saya memimpikan untuk melihat perayaan Waisak yang termasyhur ini. Dan puji Tuhan saya diberi kesempatan untuk datang di acara ini pada tahun 2012.

Acara dibuka dengan pawai dan arak-arakan dari sumber api abadi di candi Mendut menuju candi Borobudur. Saya tidak mengikuti ritual ini dari awal karena dalam pikiran saya adalah acara utama pelepasan lampioon ke angkasa. Umat Buddha rupanya sudah berada di area candi Borobudur beberapa hari sebelumnya. Mereka menggelar tenda menurut wihara masing-masing.

Di penghujung sore, hujan mengguyur dengan deras. Saya sempat pesimis apakah pelepasan lampion akan berlangsung dalam derasnya hujan… tapi untunglah para umat meditasi dan menyingkirkan awan hujan ini… magic!

Sejenak saya merenung, dan tiba-tiba saja meluncur kata-kata puitis waktu menulis ini (jarang terjadi pada saya… heheheh)

Membubung tinggi, menerangi pekatnya langit malam Borobudur… Ribuan lampion terbang bersama menuju persemayaman Sang Khalik. Ribuan harapan, doa, dan permohonan dibawanya serta. 

Ada hati yang kembali gugah, bangkit, naik semakin tinggi beriringan dengan arak-arakan lampion yang juga semakin menjulang. Dimulai dengan satu doa dari seorang pemuda, saya tidak tau pasti apa yang dimohonkannya tapi saya dapat menerka. Seraut wajah yang pasrah, namun tergurat kegigihan dan kekuatan untuk bertahan… Tabah dalam kekhusukan.

Doa dan harapan pemuda itu naik, saling bersusulan dengan doa dan harapan umat lain yang menumpang pada lampion putih dengan sinarnya yang terang.

Doa itu naik, berpanjat ke hadirat Sang Welas Asih. Alam semesta raya mendukungnya, mengirim hembusan angin yang menghantar perahu-perahu lampion itu untuk sampai di dermaga nirwana. Ribuan doa dan harapan, menerangi pekatnya langit Borobudur… Hingar dengan panjatan puja dan syukur pada yang Esa.

Waisak 2556 BE
Semoga semua makhluk berbahagia. 

~ Dan aku membisikkan ini ke telinga Buddha “Masih banyak orang baik disini, berilah kami kesempatan”~

f

This slideshow requires JavaScript.

Image

8 Comments Add yours

  1. nona says:

    belum kesampaian di 2012, semoga di 2013 bisa liat langsung 🙂

  2. nona says:

    Btw, puisi nya bagus 🙂

  3. johanesjonaz says:

    keren! sangat2 keren.. tapi kudu booking penginapan dari sekarang.. soalnya suka pada penuh kalo pas waisak

  4. johanesjonaz says:

    hehehhe.. makasih…

  5. nona says:

    Hmm.. aku tinggal di rumah sepupu 😀

  6. johanesjonaz says:

    hahahah.. kalo itu sih lebih bagus 🙂

  7. nona says:

    Hehehe iyah. Tapi nanti boleh ya kalau aku tanya2 info detailnya 😀

Leave a Reply

