Sharing Rafting – Kali Kromong Pacet

Kali Kromong terletak di Pacet, Mojokerto.

Saya rasa sungai ini terlalu kecil untuk kegiatan arung jeram. terlalu banyak batu besar yang letaknya terlalu dekat sehingga menyulitkan perahu karet yang berkapasitas 5 orang melewati celah antara bebatuan. Untuk kanoing mungkin bagus, tapi tidak untuk rafting.

Saya berkesempatan mencoba sungai ini beberapa waktu lalu yang lalu. Dengan operator TIGO adv, saya mencoba rafting yang berjarak 7km. Perlu guide yang handal dan bertenaga untuk mengarungi sungai ini. Rapatnya bebatuan besar membentuk celah sempit yang hanya muat dilalui oleh perahu karet berkapasitas 5 orang. Belum lagi jarak antar jeram yang lumayan dekat, diperlukan kecekatan guide untuk mengendalikan perahu agar tidak berputar terkena arus.

Karena sungai ini tergolong kecil dan tidak dalam bisa dipastikan tidak ada arus bawah yang berbahaya seperti sungai besar pada umumnya, sehingga resiko tenggelam dan terjebak arus dalam tidak ada. Namun bukan berarti juga tidak mengancam jiwa. Celah sempit dengan arus deras yang harus dilalui membuat penumpang perahu harus ekstra waspada. Seringkali gaya tolak yang diakibatkan tumbukan perahu dengan batu membuat penumpang perahu terjungkal ke depan, seperti layaknya mobil yang direm mendadak. Ini sangat berbahaya, pernah ada guide yang nyungsep dan menghantam batu sehingga bibir dan pelipisnya robek.

Kelembaman perahu karet juga perlu diperhitungkan. Perahu yang terlalu keras dipomba penumpangnya akan lebih sering terjungkal karena menabrak batu, demikian juga bila perahu karet tidak diisi angin dengan dengan cukup, maka penumpang akan tersiksa dengan gesekan dasar sungai yang berbatu dan landai.

Bagi para pemula, saya sarankan untuk tidak mencoba sungai ini. Tapi jika penasaran, boleh saja asal dipastikan mendapat perahu karet yang baik dengan pemandu yang kuat dan berpengalaman.

Salam adventure!

Foto : http://tigoadventure.com/foto-rafting-pacet

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. miracle says:

    mantap informasinya mas….

  2. johanesjonaz says:

    semoga berguna 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s