Berburu Taman Nasional

Beberapa waktu belakangan ini saya berfikir untuk memasukkan kunjungan ke Taman Nasional sebagai agenda perjalanan saya selain wisata budaya dan kuliner. Mudah-mudahan dalam setiap travelling ke tempat baru, saya punya kesempatan mengunjungi Taman Nasional yang ada di tempat itu.

Saya baru sadar jika sebagian besar daerah yang saya kunjungi merupakan Taman Nasional Indonesia. Dan saya berfikir… kenapa tidak saya jadikan project destinasi saja? Menyelesaikan 45 kunjungan ke Taman Nasional Indonesia… hm kedengarannya keren! Bukan hanya keren, tapi saya yakin ini adalah perjalanan yang banyak memberikan manfaat… Saya bisa belajar banyak tentang alam, kearifan lokal, dan bahkan mungkin bisa memberikan manfaat kembali pada alam.

Beberapa tahun yang lalu saya diajak pergi oleh teman-teman saya ke daerah di ujung timur Pulau Jawa melihat pantai Bande Alit yang indah dan melepaskan tukik ke laut, yang ternyata pantai ini adalah bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Keeseokan harinya saya diajak bergeser ke timur untuk melihat gerombolan banteng dan burung merak di sebuah savana yang ternyata adalah tempat konservasi banteng TN Alas Purwo. Saya juga terkesima, mengetahu jika Tangkahan adalah salah satu wilayah TN Gunung Leuser pada waktu berdiam diri di sana beberapa waktu lalu… bahkan Bromo yang selama ini menjadi tujuan favorit saya adalah juga bagian dari TN Bromo-Tengger-Semeru, yang baru saya sadari sewaktu saya naik ke Ranu Kumbolo beberapa minggu yang lalu.

Di Indonesia, ada 45 Taman Nasional yang tersebar di Indonesia; 11 ada di Sumatera, 12 di Pulau Jawa, 6 di bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan dan Sulawesi masing-masing ada 8, dan 5 di Papua dan Maluku.

Taman Nasional di Pulau Sumatera Taman Nasional di Pulau Jawa Taman Nasional di Bali dan Nusa Tenggara
1. Gunung Leuser 1. Ujung Kulon 1. Bali Barat
2. Siberut 2. Kepulauan Seribu 2. Gunung Rinjani
3. Kerinci Seblat 3. Gunung Halimun 3. Komodo
4. Bukit Tigapuluh 4. Gunung Gede Pangrango 4. Manupeu Tanah Daru
5. Bukit Duabelas 5. Karimunjawa 5. Laiwangi Wanggameti
6. Berbak 6. Bromo Tengger Semeru 6. Kelimutu
7. Sembilang 7. Meru Betiri
8. Bukit Barisan Selatan 8. Baluran
9. Way Kambas 9. Alas Purwo
10. Batang Gadis 10. Gunung Merapi
11. Tesso Nilo 11. Gunung Merbabu
12. Gunung Ciremai
Taman Nasional di Pulau Kalimantan Taman Nasional di Pulau Sulawesi Taman Nasional di Maluku dan Papua
1. Gunung Palung 1. Bunaken 1. Manusela
2. Danau Sentarum 2. Bogani Nani Wartabone 2. Aketajawe – Lolobata
3. Betung Kerihun 3. Lore Lindu 3. Teluk Cendrawasih
4. Bukit Baka-Bukit Raya 4. Taka Bonerate 4. Lorentz
5. Tanjung Puting 5. Rawa Aopa Watumohai 5. Wasur
6. Kutai 6. Wakatobi
7. Kayan Mentarang 7. Kepulauan Togean
8. Sebangau 8. Bantimurung – Bulusaraung

Sumber : www.dephut.go.id

Sepertinya pekerjaan rumah saya masih banyak. Di Sumatera sendiri hanya satu dari sebelas Taman Nasional yang pernah saya kunjungi dan itupun hanya sebagian kecil wilayahnya saja. Sedangkan di Jawa, hampir separuh sudah saya kunjungi.. masih ada enam lagi menunggu… tapi jika mungkin saya akan kembali ke TN yang pernah saya kunjungi di Jawa. Untuk Bali dan Nusa Tenggara, hanya dua dari enam Taman Nasional yang berhasil saya kunjungi. Sulawesi dan Kalimantan masing-masing satu, namun saya belum pernah menginjkakkan kaki di Papua dan Maluku.

Desember nanti, insyaallah saya akan berkunjung ke Tanjung Puting, Pangkalan Bun… masih cari penerbangan yang murah dari Surabaya.

Leave a Reply

