Baluran : Serengeti a la Indonesia

Hasrat saya untuk menikmati kepingan surga di Indonesia kembali membuncah, sewaktu Ellen menawari saya untuk ikut dengannya ke Taman Nasional Baluran sepulang dari Ranu Kumbolo.

Jumat malam saya, Ellen, Noni, Farah, Henry dan 2 saudaranya berangkat menuju lokasi. Dengan transportasi kelas kambing kami bergerak menuju Kabupaten Situbondo, tidak perlu saya ceritakan perjuangan kami di dalam bus, ini memang resiko yang harus kami ambil atas persiapan yang kurang matang dalam perjalanan ini (sepertinya kalo saya pergi memang selalu tanpa persiapan… heheeh)..

Tiba di pintu masuk TN Baluran di Batangan pukul 5.30 pagi. Kami sudah di tunggu Pak Tri, petugas TN yang menghantarkan kami masuk ke areal TN. Daihatsu espass warna merah meluncur lincah di jalan semi aspal yang sudah mulai rusak. Di sepanjang perjalanan sering terlihat bayangan-bayangan yang melintas di jalan, saya tidak tau apa itu.. tapi benda ini bergerak cepat sekali seperti ninja..

Jalan dari pintu utama ke areal peristirahatan di Bekol berjarak sekitar 12 km. Bekol adalah pusat operasi TN Baluran, selain ada beberapa guest house di sini juga terdapat menara pengawas dan kantor polisi hutan. Segera setelah kami menaruh barang-barang, rombongan kami segera menyusur savana. Luas TN Baluran sekitar 12.000 hektar yang 80% adalah savana. Menurut polisi hutan yang menemani kami, seharusnya pada bulan Juni seperti ini Baluran sudah berwarna coklat dan kering. Namun karena tahun 2010 lalu curah hujannya tinggi dan musim penghujan relatif lebih panjang, ada beberapa tempat yang masih terlihat hijau, terutama di sekitar hutan dekat pantai dan sumber air minum.

Maskot utama dari Taman Nasional ini adalah Banteng, namun selama saya di sana saya tidak melihat satu ekorpun, tidak seperti di TN Alas Purwo. Ini bisa dimaklumi karena saking luasnya wilayah TN Baluran dan terbatasnya waktu kunjungan saya. Selain banteng, populasi Rusa dan burung merak juga mendominasi daerah ini. beberapa kali saya berpapasan dengan kawanan rusa dan burung merak hijau yang terbang kesana kemari.

Selain savana, TN Baluran juga mempunyai pantai yang indah. Pantai Bama merupakan salah satu atraksi lain yang dimiliki TN Baluran. Ellen dan saya memutuskan untuk menyewa kano, dan snorkelingsementara yang lain membaca buku dan sibuk mengamankan makanan dari macaca jahil yang berusaha mencuri makanan kami. Sampai tengah hari kami kembali ke Bekol lewat rute berbeda.

Night Safari… yippie! Entah kenapa saya suka dengan wisata malam… saya ingat dulu betapa saya menikmati jurit malam sewaktu jadi anggota Pramuka. Saya selalu duduk di jok belakang ketika saya bepergian di tengah malam… bagi saya ada sensasi tersendiri ketika saya melihat ke belakang dan melihat suasana gelap dan sepi yang kian menjauh seiring dengan laju mobil yang saya tumpangi… saya suka melihat bayangan-bayangan pohon dan jalan yang meliuk-liuk di belakang saya, apalagi saat ada cahaya bulan…. horror2 gimana.. gitu…

Dengan senter yang super terang yang mampu menembus kegelapan malam hingga radius 100 m, kami ditemani Pak Henry menyusuri savana untuk melihat hewan malam. Langit sangat cerah, bintang-bintangnya terlihat sempurna… beberap kali kami melihat bintang jatuh… (dan tentu saja saya dan Noni berlomba menaruh keinginan kami pada mereka). Di kaki langit tenggara ada cahaya kuning redup yang ternyata adalah pelabuhan Gilimanuk.

Sayang sekali kami tidak memakai boots, jadi kami tidak bisa masuk ke hutan. Pak Henry khawatir dengan penghuni lain yang suka keluar malam : king cobra… Kami mendengar suara-suara aneh yang ternyata adalah lenguhan rusa jantan.. Mata kawanan rusa itu memantulkan cahaya berwarna merah kekuningan… cantik sekali seperti permata yang berkilauan…

Saya dan teman-teman pengen kembali lagi kesini, menikmati serengiti mini dan secret beach yang baru kami temukan sewaktu eksplore siang harinya….