Pantai Kondang Merak

Kali ini saya diberi kesempatan untuk bergabung dengan anak-anak Universitas Brawijaya dalam Working Camp IAAS. Bersama dengan mahasiswa dari beberapa universitas lain, UB mengadakan Working Camp di pantai Kondang Merak.

Pantai Kondang Merak termasuk salah satu barisan pantai di Selatan Pulau Jawa. Terletak di Selatan Kota Malang dan berdekatan dengan Pantai Bale Kambang. Jalan menuju ke pantai ini cukup sulit, terhitung beberapa kali truck yang kami tumpangi terjebak di jalan berlumpur dan memaksa penumpangnya turun untuk mendorong kendaraan ini. Meskipun jalan yang dilalui cukup sulit namun pemandangan yang disuguhkan sepanjang perjalanan sangat mempesona. Beberapa kilometer sebelum memasuki lokasi, kami melihat hamparan perkebunan tebu yang sudah berbunga, baru kali ini saya melihat bunga tebu. Saya jadi ingat karpet yang ada di rumah saya, hijau dan diatasnya ada taburan tipis warna putih.. sangat indah.

Mendekati lokasi pantai, jalanan sudah mulai naik turun dan rumah penduduk sudah jarang terlihat. Hutan jati milik perhutani mulai bermunculan, di belakangnya terlihat hutan heterogen dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi dan berdesak-desakan. Sayup sayup terdengar kicauan burung dan suara serangga… the sound of wilderness.. Saya suka sekali!

Tak berapa lama kami sampai di lokasi. Pantai bersih dan cantik dengan pasir coklat dipagari oleh hutan yang masih alami, sungguh perpaduan yang sempurna! Setelah mendirikan tenda, saya dan teman-teman dari ITS mengeksplor pantai ini. Seperti kebanyakan pantai di selatan pulau Jawa, ombak di Pantai Kondangmerak tergolong besar. Tetapi anehnya… ombak besar yang saya lihat di kejauhan tidak sampai ke bibir pantai, entah hilang kemana… Ombak yang menyentuh kaki kami hanyalah ombak kecil dan hampir tak beriak. Keanehan ini terjawab ketika air laut mulai surut di sore hari.. ternyata ada gugusan karang yang di barisan depan pantai yang berfungsi sebagai pemecah ombak alami… amazing! Itu yang membuat pantai ini istimewa! Sebuah kolam renang alam yang berbatasan dengan laut terbuka, tak perlu ke resort mahal untuk menikmati mewahnya fasilitas seperti ini.

Nama pantai ini diambil dari dua kata yaitu Kondang dan Merak. Dalam bahasa setempat, kondang berarti danau dan merak adalah burung merak. Seperti namanya, di bibir pantai sebelah timur terdapat danau air tawar yang tenang dan konon dahulu ada banyak burung merak yang hidup disini. Danau ini dihubungkan dengan sebuah sungai kecil yang berpasir. JIka air mulai surut, muara di pantai ini membentuk sebuah delta yang berundak, seperti sawah terasiring di Bali.. sunguh menakjubkan.

Menikmati malam di pantai ini sunguh luar biasa, kebetulan langit sedang bersahabat sehingga kami bisa melihat taburan bintang dan…. beberapa kali bintang jatuh! It was awesome!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s