Tentang Fotografi…

Liat foto2nya bang Bolang dan bang Ebbie, saya jadi frustrasi… Kapan saya bisa bikin foto sebagus mereka… Mereka memang spesialisasinya landscape, ditambah lagi dengan kamrea dan lensa yang canggih dan rumit, membuat saya semakin ciut hati..

Setiap kali saya melihat koleksi foto2 saya… saya kebanyakan bilang foto ini ‘biasa’ tapi ada beberapa juga yang bikin saya tersenyum puas karena dengan kamera dan lensa seadanya saya bisa bikin foto dengan kontras yang seimbang, angle yang bagus, dan komposisi yang sempurna, seperti waktu menangkap senja di Labuan Bajo, Foto sungai Batang di Tangkahan, dan beberapa pose penari Bali.

Kata temen saya, dan kebanyakan fotografer pro yang saya tanyai pendapat tentang beda hasil jepretan kamera pro dan kamera entry level: memang beda tapi itu nggak menjamin. Semuanya tergantung dari ‘the man behind the camera’. Oke… ini membuat saya bersemangat! Yang penting rajin motret, selalu mengevaluasi hasil foto, dan mengasah kepekaan mencari momen dan pencahayaan yang tepat… Oke saya bisa… tapi saya malas… beuh!

Di lain pihak, ada opini yang menyatakan bahwa yang penting dalam fotografi adalah angle bagus dan fokus yang tepat, toh sekarang ada olah digital lewat photoshop dsb. Errr… saya kok rada miris ya… bagi saya seni fotografi itu harus jauh-jauh dari yang namanya manipulasi komputer. Rasanya taste-nya jadi berkurang kalo foto itu hasil olah digital, meskipun bagaimana bagusnya hasil oldig itu. Saya merasakan ada yang palsu, it’s not original.Komputer cukup untuk cropping dan bikin watermark nama kita (hehehe biar eksis), tapi kalo sudah menyentuh saturasi, contrast, color balance, dll sepertinya saya masih kurang bisa menerima.

Ok.. rasanya bikin foto yang bagus dan rajin belajar bisa dijadikan resolusi tahun 2011. Disiplin Jo!!!

Leave a Reply

