Kenapa harus iri? (tentang travelling)

Beberapa teman travelling saya lagi keranjingan bepergian ke luar negeri.. Juni tahun lalu mereka ke Thailand, dan tahun ini mereka ke Malaysia. Beberapa kali saya ditawarin tapi saya menolaknya. Bukan karena apa tapi travelling ke luar Indonesia bagi saya masih diluar pikiran saya, mimpipun tidak.

Jika mereka bangga bisa menonton kabaret transeksual di Thailand, saya lebih bangga bisa melihat joged bumbung di Bali.

Jika mereka bangga bisa lihat Sea World di Singapura, saya lebih bangga bisa bermain dengan terumbu karang, menyentuh bintang laut, dan tersengat bulu babi di Pulau Kelor, NTT.

Jika mereka bangga bisa naik MRT di Singapura, saya lebih bangga bisa berkuda di lereng gunung Bromo, menikmati pemandangan kebun wortel dan kol di lereng gunung yang hijau.

Jika mereka bangga bisa shopping di Orchard Road, saya lebih bangga bisa blusukan di pasar Beringharjo melihat batik dan berburu cenil.

Jika mereka berangan-angan bisa ke Eropa, saya punya impian untuk menjelajah Raja Ampat

JIka Juni nanti mereka ke Malaysia, saya lebih memilih ke Wakatobi sebagai destinasi liburan nanti.

Teman-teman saya jika berkumpul pasti bercerita tentang perjalanan mereka ke luar negeri dan mengolok saya karena selalu menolak jika diajak travelling kesana (paling banter saya bilang iya di mulut tapi di hati geleng2 kepala) dan saya nggak kepengen…. heheheh.

Bagi saya, Indonesia lebih menggiurkan dibanding luar negeri. Kunjungan saya ke Australia beberapa tahun yang lalu bagi saya sudah cukup. Itulah kenapa saya membiarkan paspor saya expired, karena tidak dibutuhkan paspor untuk menikmati senja di gunung Rinjani, makan ikan bakar Pulau Sempu, membeli sarung Maumere, melihat bocah gimbal di Dieng dan makan bubur sagu di Maluku. Jadi… kenapa saya harus iri jika kepengen pun tidak?

10 Comments Add yours

  1. kazwini13 says:

    Tulisan ini, keren banget….
    I love indonesia :’)

  2. johanesjonaz says:

    makasih… Indonesia memang ga ada matinya…

  3. Olive B says:

    sependapat, saya sampai sekarang masih senang berkeliaran di Indonesia
    meski tetap ya, jalan keluar itu perlu untuk buka wawasan 😉

  4. johanesjonaz says:

    iyap.. cuman tunggu moment yg tepat 😛

  5. chandraputri says:

    setuju sekali, rasanya ga akan ada habis-habisnya travelling di Indonesia itu 🙂

  6. johanesjonaz says:

    yup… kenapa harus ngabisin devisa ke luar negeri kalau yang di dapat di Indonesia lebih bagus 🙂

  7. megame says:

    Hei mas Johanes…!
    Salam kenal 😀
    Setuju banget sama mas Johanes, saya juga belum punya mimpi buat keluar negeri. Saya lebih memilih berkeliling Indonesia yang sangat amat cantik ini 😀
    Mas Johanes dan geng jompoers harus coba ke Pulau Moyo, Sumbawa, NTB.. Biota laut&hutannya gak kalah sama di Pulau Kelor 😀

  8. Salam kenal juga, Iya.. 2015 ini saya canangkan sebagai tahun jelajah Indonesia Timur 🙂 saya awali dengan Pantai Ora di Maluku sebagi pembuka di awal 2015. Tunggu ceritanya sebentar lagi

  9. ireztia says:

    nice post,,,
    buat saya pun, indonesia tmpak lebih menarik untuk dijelajahi. Semua ada disini, bahkan bule pun merasa 30hari izin tinggal masih sangat singkat untuk bisa menyusuri negeri kita..

    Di negara mana yang bisa membuat kita masih belum cukup puas untuk bisa ber traveling selama sebulan penuh kecuali di negeri ini?

    Tapi mgkn benar, ada saatnya kita perlu keluar negeri untuk membuka wawasan tentang apa yang mereka miliki.

    Meski tetap dalam hati, alam Indonesia tetap yang juara.

    Mas Jo jadi ke Wakatobi? Kmrn saya dan suami baru singgah kesana. Amazing 😀
    http://ireztia.com/2015/10/20/wakatobi-diving-jelajahi-dan-sebarkan-rasa-cintaku-untuk-indonesia/

  10. Hi Irez, Saya sudah ke Wakatobi 2 tahun lalu. Gimana Wakatobi sekarang? masih bersih dan cantik?
    https://johanesjonaz.wordpress.com/2012/07/04/theres-something-about-murhum-melobi-wakatobi/

Leave a Reply

