Namaku Bli Jonaz

Salah satu oleh-oleh selama mampir ke Bali kemaren…
Kebetulan Ada PKB (Pesat Kesenian Bali) waktu berkunjung kesana, jadi beruntung banget nggak perlu kemana-mana untuk melihat kesenian dan budaya Bali… cukup ngendon saja tiap malam di Art Center.
Salah satu nya (ada banyak) yang sempat gw ambil gambarnya adalah Legong Kreasi dengan judul “Karna Gugur”, menceritakan tentang gugurnya Adipati Karna dalam perang Bharatayuda. Ia dibunuh oleh Arjuna.

Ceritanya yang diusung oleh tari Legong itu begini

Setelah Durna gugur, bala Kurawa mengangkat Karna sebagai Senapati memimpin perang menggantikan Durna. Dalam hati kecilnya Karna sangat menyayangi Pandawa, karena mereka satu ibu tapi di sisi lain, Karna sungkan karena Kurawalah yang memberi hidup padanya selama ini

.

Bagaimanapun Karna tetap pergi berperang bersama Dursasana. Sementara itu Arjuna diberi tugas untuk menghadapi Adipati Karna dan bersamanya turut serta Bima yang punya dendam kesumat terhadap Dursasana yang dahulu telah melecehkan Drupadi.

Bima berhasil merobek perut Dursasana, meminum darah dan mengeluarkan isi perut Dursasana lalu memanggil Drupadi untuk membilas rambutnya dengan darah Dursasana. Melihat itu hati Karna kecut, dan Kresna melihat kesempatan ini untuk membunuh Karna dan membujuk Arjuna yang sangat sungkan dan menaruh hormat pada Adipati Karna untuk segera melepaskan panah pasopatinya. Karna gugur ditangan Arjuna ketika kereta Karna terperosok dalam lumpur dan dia tidak bisa kemana-mana.

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Michael Lai says:

    Don’t know the language, but I like the pictures! Regards 🙂

  2. johanesjonaz says:

    thanks Michael .. 🙂 I try to instal translator but never work 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s